HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Didik Tri Puryanto

Abstract


Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk bersekolah. Kewajiban ini tentu harus disambut
oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Dengan demikian sekolah harus menjadaikan
dirinya sebaik mungkin sehingga menarik minat masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukan
sekolah adalah dengan menyajikan pembelajaran yang menarik di kelas. Salah satu model yang
diyakini menarik minat siswa adalah model Cooperative Learning. Lebih khusus lagi Cooperative
Learning Tipe STAD. Dengan model ini siswa akan diajak untuk saling berkomunikasi dengan
teman sebayanya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model
STAD hasil belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sukowono Tahun 2018/2019
pada materi Perbandingan dapat ditingkatkan.. Obyek penelitian adalah siswa kelas VII-A yang
berjumlah 30 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Desain
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Pada setiap siklus
siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang.. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada masing-masing siklus terjadi peningkatan hasil belajar yang terdiri dari
peningkatan skor yang diperoleh dan peningkatan ketuntasan belajar siswa.
Kata Kunci: PTK, STAD, Perbandingan




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i2.3184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo