PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Ernani Br Ginting, Sigid Edy Purwanto, Ayu Faradillah

Abstract


 

Penelitian ini  bertujuan  untuk   mengetahui  pengaruh model   pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir  kreatif  matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre- eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa. Teknik  pengambilan sampel menggunakan sampel purposive dan  di dapat sampel berjumlah 73  siswa di SMP  Negeri  17  Bekasi kelas VII  semester genap 2018/2019.  Instrumen penelitian  ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif   yang   telah   di  uji  validitas,  reliabilitas,  daya   pembeda  dan   taraf kesukaran. Data hasil penelitian telah diuji normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang tidak  berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney atau uji-U menghasilkan  dan  pada taraf signifikan 5% sehingga diperoleh  yang mengakibatkan H0 ditolak. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 17 Bekasi pada materi segiempat dengan pengaruh sedang sebesar 0,504 atau 50,4%.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo