PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre- eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive dan di dapat sampel berjumlah 73 siswa di SMP Negeri 17 Bekasi kelas VII semester genap 2018/2019. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif yang telah di uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Data hasil penelitian telah diuji normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang tidak berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney atau uji-U menghasilkan dan pada taraf signifikan 5% sehingga diperoleh yang mengakibatkan H0 ditolak. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 17 Bekasi pada materi segiempat dengan pengaruh sedang sebesar 0,504 atau 50,4%.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1567
Refbacks
- There are currently no refbacks.