PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL

Meilantifa, Herfa Maulina Dewi Soewardini, Oktaviana Tantra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan pendekatan tutor sebaya lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pendekatan konvensional pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Dalam pembelajaran matematika sebenarnya banyak upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar. Agar proses pembelajaran dapat berlangsung aktif dan menyenangkan pembelajaran yang dianggap dapat mewujudkan situasi tersebut adalah dengan pendekatan tutor sebaya Sampel yang digunakan diambil random sampling dan diambil dua kelas, yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperiman. Di mana pada kelas kontrol dilaksanakan dengan pendekatan konvensional dan kelas eksperimen akan dilaksanakan dengan pendekatan tutor sebaya.Analisis data dilakukan dengan menggunakan Software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22.0. Hasil dari penelitian menunjukan nilai signifikansi 0,001 yang mana ˂ 0.005 sehingga H0 ditolak atau H1 diterima dengan kata lain hipotesis penelitian diterima. Maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan tutor sebaya lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan pendekatan konvensional pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X IPA SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Kata Kunci: Pendekatan Tutor Sebaya



DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo