PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION

Windy Puji Astiwi, Slamet Soro, Ayu Faradillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara model Project Based Learning dan model Auditory Intellectually Repetition. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan Quasi eksperiment design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 223 Jakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen I dan 36 siswa kelas eksperimen II. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah di uji validitas dan uji reliabilitasnya. Uji persyaratan analisis yang dilakukan penelitian ini yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher, untuk uji normalitas untuk kelas eksperimen I diperoleh  sedangkan untuk kelas eksperimen II diperoleh , dapat disimpulkan bahwa kedua sampel dari populasi adalah berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh  hal ini berarti kedua kelas mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapat  dengan taraf signifikansi , hal ini berarti  ditolak. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Project Based Learning dan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition.

Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,  dan model Auditory Intellectually Repetition.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo