PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS ANDROID POKOK BAHASAN SEGITIGA

Ahmad Danial Zulkarnain, Tri Endang Jatmikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan adobe flash cs 6 berbasis android pada pokok bahasan segitiga yang berkualitas baik. Dalam penelitian ini produk dinilai menggunakan penilaian beberapa angket berdasarkan hasil ujicoba produk yang diujikan kepada 3 ahli yaitu: ahli media dan 2 ahli materi serta 29 siswa, untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis android ini. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran berbasis android ini berkualitas baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 4,17 dan untuk validasi oleh ahli materi mendapatkan rata – rata nilai sebesar 4,13, sehingga produk ini bisa dikatakan valid. Untuk angket respon siswa mendapatkan skor sebesar 3,62 dan termasuk kriteria sangat baik, sehingga produk ini bisa dikatakan praktis. Sedangkan untuk nilai siswa dari 29 siswa hanya 4 siswa saja yang mendapatkan nilai dibawah kkm yaitu 70, persentase nilai ketuntasan yang diperoleh sebesar 80% dan termasuk kriteria sangat baik, sehingga media pembelajaran berbasis android ini dikatakan efektif. Jadi dari hasil data yang diperoleh, produk ini memenuhi ketiga kriteria valid menurut para ahli, praktis, dan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran barbantuan adobe flash cs 6 berbasis android pada pokok bahasan segitiga ini berkualitas baik.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash, Android, Segitiga.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v3i1.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor