PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BEPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Cicik Rohaumah

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah karena pelajaran matematika sering dipandang sulit oleh siswa dan bahkan kurang diminati oleh siswa dan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah.  Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuanberpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika? Dan bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuanberpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposis sampling, sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman obsevasi. Hipotesis pada hasil tes baik pretest maupun postest kelas kontrol diperoleh Fhitung  (0,12) < Ftabel (12,95), sedangkan pada kelas eksperimen Fhitung  (28,85) > Ftabel (3,01). Dari hasil observasi aktivitas berpikir kritis nilai kelas kontrol diperoleh 53,52% masuk dalam kategori kurang, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata diperoleh 62,04% masuk dalam kategori cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Pengaruh Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika, Discovery Learning




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v3i1.1091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo