IMPLEMENTASI STRATEGI STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP TABUNG, KERUCUT DAN BOLA PADA SISWA KELAS IXH SMP NEGERI 2 AMBULU SEMESTER GANJIL TAHUN 2017/2018

Agus Siswanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimanakah  implementasi  Strategi Student Teams Achievements Divisions  dapat meningkatkan hasil belajar matematika  konsep tabung, kerucut dan bola   pada siswa kelas IX H  SMP Negeri 2 Ambulu  Jember semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. (2) Bagaimanakah  implementasi  Strategi Student Teams Achievements Divisions  dapat meningkatkan aktifitas belajar matematika  konsep tabung, kerucut dan bola  pada siswa kelas IX H  SMP Negeri 2 Ambulu  Jember semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini diadakan  SMP N 2 Ambulu semester ganjil Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berlangsung selama 3 bulan dengan 3 siklus.  Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar  Pada pra siklus sebesar 39,47%, pada siklus 1 menjadi 41,66%, Siklus ke 2 menjadi 61,11%  dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 94,44 %. Demikian pula aktifitas belajar siswa meningkat Pada siklus I sebesari 27,78 %,pada siklus II meningkat menjadi 89 % pada siklus III menjadi 95%. Dengan demikian siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran STAD  lebih baik, dan persentase ketuntasan belajar pun lebih tinggi dibanding dengan yang tidak menggunakan Metode Pembelajaran STAD  .

Katakunci: Tabung, Kerucut Dan Bola , Strategi STAD.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v3i1.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo