PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERETIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT ). Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 MAN Genteng Banyuwangi. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus selama 4 kali pertemuan, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai pada faktor-faktor yang diteliti yakni mulai perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, refleksi. Analisis data dalam penelitian adalah analisis kualitatif yang melahirkan hasil penelitian yang bersifat deskriptif. “Analisis telah dimulai sejak merumuskan dan menjelaskan masalah, sebelum terjun ke lapangan, dan berlangsung terus sampai penulisan hasil penelitian. Analisis data lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS 1 MAN Genteng Banyuwangi. Hal ini diketahui dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah sebesar 73,21 dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 2 sebesar 81,66. Ada peningkatan hasil belajar Matematika siswa yang signifikan dari tes awal sampai hasil belajar siswa pada siklus 1 dan 2. Oleh karena itu disarankan kepada para guru agar dapat menerapkan pembelajaran kooperatif khususnya pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran matematika, selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang lain yang dapat membangkitkan keaktifan siswa untuk belajar matematika.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperetif, Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v3i1.1085
Refbacks
- There are currently no refbacks.