Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persaingan
Abstract
Persaingan di pasar global terus meningkat setiap saat dan perusahaan perlu mengandalkan inovasi untuk tetap unggul dan bersaing dengan pesaing mereka. Inovasi adalah salah satu bagian penting dalam persaingan karena hal ini dapat membawa keunggulan bagi perusahaan melalui penciptaan ide baru, proses baru, produk baru, atau dengan peningkatan kondisi bisnis saat ini. Keunggulan ini dapat berarti peningkatan dalam produktivitas, efisiensi, penjualan, dan pekerjaan (tenaga kerja). Meskipun demikian, inovasi dapat menjadi upaya yang sangat berisiko bagi perusahaan. Manajemen inovasi diperlukan untuk mengurangi risiko ini dengan selalu mengawasi kegiatan dan proses inovasi, serta untuk memastikan bahwa inovasi dapat berhasil. Dalam tulisan ini, kami membahas tentang bagaimana kita harus mengelola inovasi dalam perusahaan dengan menggunakan teori dan contoh dari literatur yang ada. Diskusi ini mencakup kerangka kerja audit inovasi, dampak inovasi dalam strategi manajemen sumber daya manusia, strategi inovasi terbuka, pengukuran manajemen inovasi dan studi kasus dalam proyek produk, dan sistem yang kompleks. Hasil temuan dari penelitian ini adalah inovasi terbuka dan sistem manajemen terintegrasi merupakan dua dari banyak inovasi organisasi yang menghasilkan kesuksesan dan jenis industri perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kecenderungan inovasi perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfaro-Garcia, V. G., Gil-Lafuente, A. M., Alfaro Calderon, G. G., (2017). A fuzzy methodology for innovation management measurement. Kybernetes Vol. 46. Iss 1, pp. 50-66.
Anonim, (2016), Inovasi. Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis. Universitas Indonesia. https://diib.ui.ac.id/wp-content/uploads/2016/08/Inovasi2.pdf. 10 September 2019
De Mel, S., McKenzie, D., & Woodruff, C. (2009). Innovative firms or innovative owners? Determinants of innovation in micro, small, and medium enterprises. The World Bank.
Deleri, D., (2015). Innovation Management in Global Competition and Competitive Advantage. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 195, 1365-1370.
Everett M. Rogers. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.
Eisenberg, R. S., (2018). Shifting institutional roles in biomedical innovation in a learning healthcare system. Journal of Institutional Economics. 14: 6, 1139–1162.
Frishammar, J., Richtner, A., Brattstrom, A., Magnusson, M., Bjork, J., (2018). Opportunities and challenges in the new innovation landscape: Implications for innovation auditing and innovation management. European Management Journal, 1-14.
Hermens, A., (2018). Creativity and innovation management: The complex dynamics of shaping forces. Journal of Management and Organization. 24:4, pp. 451–455.
Hernandez-Vivanco, A., Cruz-Cazares, C., Bernardo, M., (2018). Openness and management systems integration: Pursuing innovation benefits. Journal of Engineering and Technology Management, 0923-4748.
Hurley, R. F. dan G. Hult. (1998). Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing, 62: 42-54.
Martinez, Laila. (2012). Theoritical Consideration about Inovation abaout Innovation in The Public Sector. Institute of Society of Globalisation University: Denmark.
Oduro, S., Nyarku, K. M., (2018). Incremental Innovations in Ghanaian SMEs: Propensity, Types, Performance and Management Challenges. Asia-Pacific Journal of Management Research and Innovation. 14(1-2), 1-12.
Pervaiz K. Ahmed and Charles D. Shepherd, (2010), Innovation Management; Context, Strategies, Systems & Processes, Prentice Hall
Roehricha, J. K., Davies, A., Frederiksenc, L., Sergeeevab, N., (2018). Management innovation in complex products and systems: The case of integrated project teams. Industrial Marketing Management, 0019-8501.
Romano, L., (2018). Explaining growth differences across firms: The interplay between innovation and management practices. Structural Change and Economic Dynamics, 0954-349X.
Saiz, P., Amengual, R., (2018). Do patents enable disclosure? Strategic innovation management of the four-stroke engine. Industrial and Corporate Change, 1–23.
DOI: https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i2.2922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats