BURNOUT DITINJAU DARI HARDINES DAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Pada Atlet Pelajar di Semarang)
Abstract
Partisipasi pelajar dalam bidang olahraga sebagai seorang atlet profesional
menimbulkan tantangan dan tuntutan tinggi yang harus dipenuhi, sehingga
menyebabkan atlet mengalami burnout. Salah satu tantangan yang menyebabkan
burnout adalah menyeimbangkan antara tanggung jawab akademik dan partisipasi
di bidang olahraga. Burnout adalah suatu kondisi kelelahan fisik atau emosi,
depersonalisasi, dan menurunnya prestasi pribadi dikarenakan adanya tuntutan
pekerjaan atau latihan secara terus menerus. Burnout dapat diatasi dengan
hardiness dan motivasi berprestasi individu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dan
motivasi berprestasi dengan burnout, hubungan hardiness dengan burnout, dan
hubungan motivasi berprestasi dengan burnout pada atlet pelajar di Kota
Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 91 atlet pelajar di Semarang.
Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling.
Instrumen yang digunakan adalah skala burnout, skala hardiness, dan skala
motivasi berprestasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara
hardiness dan motivasi berprestasi dengan burnout (F
hitung=17,930 > Ftabel=3,10,
p=0,000<0,05;r=0,538). Nilai reliabilitas pada penelitian ini adalah 0,861 (skala
burnout), 0,823 (skala hardiness), dan 0,894 (skala motivasi berprestasi). Uji
parsial pada penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan negatif
antara hardiness dengan burnout (r= 0,285 ;p=0,007 < 0,05). Terdapat hubungan
signifikan negatif antara motivasi berprestasi dengan burnout (r= 0,248; p=0,018
< 0,05). Nilai koefisien determinasi R
2
= 0,290 artinya hardiness dan motivasi
berprestasi secara bersama-sama memberi sumbangan 29% terhadap burnout
dengan sumbangan 15,78% dari hardiness dan 13,22% dari motivasi berprestasi.
Kata Kunci: burnout, hardiness, motivasi berprestasi
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djaali.(2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Duffett, A., & Johnson, J. (2004). All work and no play? Listening to what kids
and parents really want from out-of-school time. New York: Public Agenda
& the Wallace Foundation.
Gould, D., & Whitley, M. (2009). Sources and Consequences of Athletic Burnout
Among College Athletes. Journal of Intercollegiate Athletic,2, 16-30.
Gould, D., Tuffey, S., Udry, E., & Loehr, J. (1996). Burnout in Competitive
Junior Tennis Players: II. Qualitative content analysis and case studies. The
Sport Psychologist, 10, 341–366.
Kaufman, K. A. (2014). Understanding Student-Athlete Burnout. Sport Science
Institute. Retrieved from www.NCAA.org.
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2014).
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Retrieved from
http://peraturan.go.id/uu/nomor-20-tahun-2003.html
Maddi, S. R. (2013). Hardiness : Turning Stressful Circumstances into Resilient
Growth. Irvine: Springer.
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. Melbourne: Press Syndicate of the
University of Cambridge.
Papanikolaou, Z., Nikolaidis, D., Patsiaouras,A., Alexopoulos,P. (2003). The
Freshman experience: High stress-lowgrades. Athletic Insight: The Online
Journal of Sport Psychology.
Primita, H. Y & Wulandari, D. A. (2014). Hubungan antara Motivasi Berprestasi
dengan Burnout pada Atlet Bulutangkis di Purwokerto. Psycho Idea, 12(1),
– 18.
Raedeke, T. D. (1997). Is Athlete Burnout More Than Just Stress? A Sport
Commitment Perspective. Journal of Sport & Exercise Psychology,19,396-417.
Raedeke, T. D & Smith, A. L.(2001). Development and Preliminary Validation of
an Athlete Burnout Measure. Journal of Sport & Exercise Psychology, 23,
-306.
Schaufeli, W & Buunk, B.(2003).Burnout: An Overview of 25 Years of Research
and Theorizing. dalam Schabracq, M. J., Winnbust, J. A., Cooper, C. L
(Eds). The Handbook of Work and Health Psychology (383-428). Chicester:
John Wiley & Sons, Ltd.
SinghBawa, H. (2010). Personality hardiness, burnout and sport competition
anxiety among athletics and wrestling coaches. British Journal Of Sport
Medicine,44,157-158.
Soderstrom, M.(2000). The Relationship of Hardiness, Coping Strategies, and
Perceived Stress to Symptoms of Ilness. Journal of Behavioral
Medicine,23(3),311-328.
Weinberg, R. S & Gould, D. (2011). Foundations of Sport and Exercise
Psychology. Edisi ke-5. Champaign: Human Kinetics.
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v13i2.814
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 INSIGHT
View My Stats