Arsip





2013

Vol 9, No 1 (2013): PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DI SENTRA BERMAIN PERAN TK AL-FURQAN JEMBER

Perilaku prososial merupakan salah satu dasar perkembangan yang harus
dimiliki anak, karena sangat diperlukan untuk persiapan diri menjadi anggota
kelompok dalam akhir masa kanak-kanak agar mampu beradaptasi dengan
lingkungan yang lebih luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan mengidentifikasi perilaku
prososial anak usia dini di Sentra Bermain Peran. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan variabel tunggal, yaitu perilaku prososial anak usia dini. Perilaku
prososial yang dimaksud dalam penelitian ini, mengacu pada karakterisitik
perilaku prososial menurut Damon, Hurlock, dan Kurikulum pendidikan TK Al-
Furqan Jember. Pengambilan subyek menggunakan teknik stratified random
sampling.
Perilaku prososial yang muncul pada anak usia dini ketika di sentra
bermain peran adalah kerjasama, persaingan, kemurahan hati, hasrat akan
penerimaan sosial, simpati, empati, ketergantungan, sikap santun, peduli, meniru,
dan perilaku kelekatan.

1 - 8 of 8 Item