HUBUNGAN OPTIMISME MASA DEPAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA AJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEMESTER 1 PRODI DIII KEPERAWATAN RUSTIDA TAHUN AJARAN 2016-2017
Abstract
Masa depan merupakan masa yang menentukan dan perlu dipersiapkan
dengan baik. Perasaan optimis membawa individu kepada keyakinan akan
keberhasilan serta percaya pada diri sendiri dengan kemampuan yang dimiliki.
Sedangkan prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam
berpikir dan berbuat yang dapat dilihat dari hasil evaluasi belajar. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisa adakah hubungan optimisme masa depan dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata ajar Bahasa Inggris mahasiswa
semester 1 Prodi D III Keperawatan Rustida. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif non eksperimental. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester
1 Prodi D III Keperawatan Rustida dan diambil sampel secara acak sebanyak 51
mahasiswa. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengaruh optimisme masa depan dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar hanya 6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada
hubungan diantara ketiganya. Kecerdasan emosi, optimisme pengajar, kepedulian
pengajar, pengembangan bahan ajar dan kecerdasan kognitif (IQ) merupakan
beberapa faktor yang juga mempengaruhi prestasi belajar.
Kata kunci: optimisme masa depan, motivasi belajar, prestasi belajar
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adilia, M. D. (2010). Hubungan self esteem dengan optimisme meraih kesuksesan
karir pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta.
Afrianty, I. (2013). Hubungan motivasi berpretasi dengan pretasi belajar Asuhan
persalinan pada mahasiswi DIII Kebidanan Semester II STIKES Aisiyah
Yogyakarta. Sekolah Tinggi Pendidikan Jenjang DIV.
Aji, S. M. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akutansi
siswa kelas X Akutansi SMKN 1 Batang 2013. Universitas Negeri Semarang.
Ali Hasan, Salmah Lilik, R. W. A. (2005). Hubungan antara penerimaan diri dan
dukungan emosi dengan optimisme pada penderita diabetes mellitus. Fakultas
Kedokteran Senbelas Maret, Surakarta. Retrieved from
http://www.bing.com/search?q=
Arum Puspita Sari, E. D. (n.d.). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan
prestasi akademik mahasiswa psikologi tingkat satu Universitas Gunadarma.
, 000, 1–16.
Christopher Peterson, Mechele E, D. A. (1995). Optimistic explanatiry style and the
perception of helath problems. Journal of Clinical Psychology, 51(1), 128–132.
Dewi, P. (2014). Hubunga kecerdasan emosi dan motivasi belajar dengan
kemandirinan belajar siswa kelas V SD Negeri sekecamatan Klaten Tengah.
Universitas Negeri Yogyakarta.
Fadillah, A. E. R. (2013). Stres dan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi
Universitas Mulawarman yang sedang menyusun skripsi. eJournal Psikologi,
(3), 254–267.
Fadillah, R. (2014). Learning motivation and English achievement of students at
politeknik Negeri semarang Central Java. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2),
–98.
Fatimah Saguni, S. A. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan
sosial teman dengan self regulation terhadap motivasi belajar kelas akselerasi
SMP Negeri 1 Palu. STAIN Datokarama Palu.
Fauziah. (2015). Hubungan kecerdasan emosional denga prestasi belajar mahasiswa
semester II bimbingan konseling UIN. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 90–98.
Guvercin, M. (2013). Acedemic optimism, organzational citizenship behaviors and
student achievement at Charther Schools. University of Houston Clear Lake.
Hartono, S. E. P. (2004). Hubungan optimisme yang tidak realistik tentang masa
depan dengan prokrastinasi saat menyusun skripsi mahasiswa. Universitas
Wangsa Manggala Yogyakarta.
Hermayawati. (2010). Analisis kesulitan belajar bahasa inggris mahsiswa. Jurnal
Sosio-Humaniora, 1(1), 1–14.
Jaya, W. S. (2012). Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS terpdu
siswa kelas VII semester ganjil SMP PGRI 3 Bandar Lampung. Lentera STIKIP
PGRI, 2.
Kusumadewi, M. D. (2011). Peran Stresor Harian , Optimisme dan Regulasi Diri
terhadap Kualitas Hidup Individu dengan Diabetes Melitus Tipe 2.
Psikologiislamaika, 8(1), 43–61.
Lailiyah, H. (2012). Nilai nilai optimisme dan implikasinya terhadap motivasi belajar
anak dalam film hafalan sholat Delisa karya Sutradara Sony Gaokasak.
Universitas slam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lestyanto, T. (2013). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Pada
Siswa RSBI Kelas VIII SMP Negeri 3 Pati. Universitas Islam Negeri Suna
Kalijaga Yogyakarta.
Meitabel, L. (2010). The Correlation of student motivation and language learning
strstegies in theri reading comprehension achievement at the second year
students of SMA negeri 1 Bandar Lampung. Lampung University.
Menchaca, V. D. (1991). Achievement motivation and achiement in scholl of Mexican
American and Anglo American eight grade student. Texas A&M University.
Nasa, A. F. (2012). Hubunga antara resiliensi keluarga dan optimisme pada
mahasiswa yang beralal dari keluarga miskin. Universitas Indonesia.
Ningrun, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stress pada
mahasiswa UEU yang sedng menyusun skripsi. Jurnal Psikologi, 9(1), 41–47.
Rizal, S. (2013). Analisis kebutuhan bahan ajar bahas ainggris IAIN Bengkulu
melalui students Need Analysis. Jurnal At-Ta’lim, 12(2), 232–252.
Rizka Ayu Meidiastuti, Krisnawan, I. B. (2013). Hubungan antara motivasi belajar
dengan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII
SMPN 3 Suruh. Universitas Kristen Sayta Wacana Salatiga.
Rohma, H. F. (2010). Hubungan anatara motivasi belajar denga prestasi belajar
mata kuliah ASKEB 3 mahasiswa Prodi D IV kebidanan FK UNS tahun jaran
/2010. Universitas Sebelas Maret.
Rokhim, A. R. (2013). Hubungan antara motivasi belajar dengan optimisme masa
depan pada mahasiswa program Twinig di Univesitas Muhamadaiyah
Surakarta. UNiversitas Muhammadiyah Surakarta.
Roy, Babli, R. S. & S. S. (2013). Emotional intelegence and acedemic achievement
motivation among adolescents a relationship study. Art Science & Commerce,
(April 2013), 126–131.
Sary, F. P. (2010). Hubungan antara motivasi dan kecemasan beajar bahasa Inggris
mahasiswa Institut Managemen Telkom. Institut managemen Telkom Bandung.
Smith, L. M. (2015). The relathionship between optimism and markers of
psychological health in cologiate atheletes. U9niversitu Nort Carolina.
Waruwu, F. E. (2006). Korelasi antara optimisme dan prestasi akademik siswa SD
santa maria Kelas 6 di Cirebon. Jurnal Psikologi, 4(1), 55–70.
Widiastiti, S. (2006). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik
mhaiswa ASM Bia Insani. Bekasi.
Yunissa, R. A. (2012). Hubungan antara optimisme dan menyontek pada mahasiswa.
Universitas Indonesia Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v13i2.812
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 INSIGHT
View My Stats