PERAN PARENTING BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KESIAPAN SEKOLAH ANAK
Abstract
komponen, yaitu: 1) kesiapan anak; 2) kesiapan sekolah untuk anak-anak; dan 3)
kesiapan keluarga dan lingkungan mereka. Komponen kesiapan pada keluarga
dan lingkungan secara potensial dapat dilakukan oleh keluarga khususnya serta
peran serta dari PAUD dan POSYANDU. Permasalahan yang ditemui di Dusun
Sumber Ayem adalah: 1) proses komunikasi guru, kader, dan orang tua terkait
parenting belum dimasukkan dalam kegiatan, karena ketiadaan tenaga terlatih; 2)
kader kesehatan dan guru PAUD belum terlatih dalam hal pengembangan
keterampilan parenting maupun keterampilan untuk mendampingi, melatih, dan
berkomunikasi dengan orang tua terkait proses parenting untuk menyiapkan anak
matang secara sosio-emosional saat masuk sekolah; 3) belum ada wadah
pengembangan pengetahuan dan keterampilan tentang parenting baik bagi orang
tua, kader, maupun guru. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi
pembentukan program pengasuhan berbasis masyarakat. Tujuan dari pelatihan
adalah: 1) tenaga kesehatan dan guru dilatih untuk membantu orang tua dalam
proses pengasuhan; 2) sosialisasi bagi orang tua mengenai pemahaman tentang
kesiapan sekolah anak; 3) tersedianya wadah di masyarakat yang mandiri dapat
mengembangkan keterampilan orang tua. Metode yang digunakan adalah
pelatihan bagi orang tua, guru, dan kader. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam
beberapa tahap dengan hasil sebagai berikut: 1) tersosialisasinya cara
berkomunikasi yang efektif antara anak, orang tua, dan guru guna
mengembangkan kesiapan sekolah pada anak; 2) tersusunnya program
pembelajaran berbasis kesiapan sekolah pada PAUD; 3) terbentuk tiga kelompok
kelas parenting di Posyandu.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ackerman, D.J., Barnett, W.S. (2005). Prepared for Kindergarten: What does
“readiness” mean?. Preschool Policy Brief National Institute for Early
Education Research. New Brunswick, NJ. March 2005
Cross, A.F., Conn-Powers, M. (2011) A working paper: New information about
school readiness.
Emig, C., Moore, A., Scarupa, H.J. (2001). School Readiness: Helping
Communities Get Children Ready for School and Schools Ready for
Children. Child Trends. Research Brief Series. Second Printing.
Harvard Family Research Project (2006). Family involvement in early chilhood
education. NO. 1 in a series SPRING 2006
Irani, D.P. (2009). Peran taman kanak-kanak terhadap kesiapan diri anak untuk
memasuki sekolah dasar. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Noble, K.G., Duch, H., Darvique, M.E., Grundleger, A., Rodriguez, C., Landers, C. (2012). Getting ready for school: A preliminary evaluation of a
parent-focused school-readiness program. Child Development
Research . Volume 2012. 14 pages
Rimm-Kaufman S. (2004). School transition and school readiness: An outcome of early childhood development. Encyclopedia on Early Childhood
Development. Centre of Excellence for Early Childhood Development.
-7.
Puskesmas Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. (2012). Laporan Promosi Kesehatan Puskesmas 2012.
Dinas Pendidikan Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. (2012).Laporan Data Pendidikan 2012
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v10i2.295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 INSIGHT
View My Stats