PERAN PARENTING BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KESIAPAN SEKOLAH ANAK

Istiqomah Istiqomah

Abstract


Kesiapan sekolah pada anak membutuhkan adanya kesiapan pada tiga
komponen, yaitu: 1) kesiapan anak; 2) kesiapan sekolah untuk anak-anak; dan 3)
kesiapan keluarga dan lingkungan mereka. Komponen kesiapan pada keluarga
dan lingkungan secara potensial dapat dilakukan oleh keluarga khususnya serta
peran serta dari PAUD dan POSYANDU. Permasalahan yang ditemui di Dusun
Sumber Ayem adalah: 1) proses komunikasi guru, kader, dan orang tua terkait
parenting belum dimasukkan dalam kegiatan, karena ketiadaan tenaga terlatih; 2)
kader kesehatan dan guru PAUD belum terlatih dalam hal pengembangan
keterampilan parenting maupun keterampilan untuk mendampingi, melatih, dan
berkomunikasi dengan orang tua terkait proses parenting untuk menyiapkan anak
matang secara sosio-emosional saat masuk sekolah; 3) belum ada wadah
pengembangan pengetahuan dan keterampilan tentang parenting baik bagi orang
tua, kader, maupun guru. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi
pembentukan program pengasuhan berbasis masyarakat. Tujuan dari pelatihan
adalah: 1) tenaga kesehatan dan guru dilatih untuk membantu orang tua dalam
proses pengasuhan; 2) sosialisasi bagi orang tua mengenai pemahaman tentang
kesiapan sekolah anak; 3) tersedianya wadah di masyarakat yang mandiri dapat
mengembangkan keterampilan orang tua. Metode yang digunakan adalah
pelatihan bagi orang tua, guru, dan kader. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam
beberapa tahap dengan hasil sebagai berikut: 1) tersosialisasinya cara
berkomunikasi yang efektif antara anak, orang tua, dan guru guna
mengembangkan kesiapan sekolah pada anak; 2) tersusunnya program
pembelajaran berbasis kesiapan sekolah pada PAUD; 3) terbentuk tiga kelompok
kelas parenting di Posyandu.

References


Ackerman, D.J., Barnett, W.S. (2005). Prepared for Kindergarten: What does

“readiness” mean?. Preschool Policy Brief National Institute for Early

Education Research. New Brunswick, NJ. March 2005

Cross, A.F., Conn-Powers, M. (2011) A working paper: New information about

school readiness.

Emig, C., Moore, A., Scarupa, H.J. (2001). School Readiness: Helping

Communities Get Children Ready for School and Schools Ready for

Children. Child Trends. Research Brief Series. Second Printing.

Harvard Family Research Project (2006). Family involvement in early chilhood

education. NO. 1 in a series SPRING 2006

Irani, D.P. (2009). Peran taman kanak-kanak terhadap kesiapan diri anak untuk

memasuki sekolah dasar. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Noble, K.G., Duch, H., Darvique, M.E., Grundleger, A., Rodriguez, C., Landers, C. (2012). Getting ready for school: A preliminary evaluation of a

parent-focused school-readiness program. Child Development

Research . Volume 2012. 14 pages

Rimm-Kaufman S. (2004). School transition and school readiness: An outcome of early childhood development. Encyclopedia on Early Childhood

Development. Centre of Excellence for Early Childhood Development.

-7.

Puskesmas Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. (2012). Laporan Promosi Kesehatan Puskesmas 2012.

Dinas Pendidikan Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. (2012).Laporan Data Pendidikan 2012




DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v10i2.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 INSIGHT



View My Stats