PERBANDINGAN ESTIMASI ANGGARAN BIAYA DAN SCHEDULE PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT AL HUDA BANYUWANGI MENGGUNAKAN METODE SNI DAN METODE BOW

Mohammad Riski Setio Budi, Suhartinah Suhartinah, Adhitya Surya Manggala

Abstract


Rencana Anggran Biaya (RAB) merupakan salah satu proses utama dalam suatu proyek karena

merupakan dasar untuk membuat penawaran system pembiayaan dan kerangka budget yang akan dikeluarkan. Rencana Anggran Biaya (RAB) diperlukan untuk memperhitungkan suatu bangunan atau proyek dengan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan, upah serta biaya- biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek tersebut.Dalam studi ini digunakan objek sebuah proyek Rumah Sakit Alhuda Banyuwangi. Serta dalam studi ini digunakan 2 metode untuk perhitungan RAB dan schedule yaitu dengan metode SNI dan metode BOW. Berdasarkan data yang telah di olah menggunakan 2 metode yang berbeda yaitu metode SNI dan metode BOW dapat diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang mengalami perbedaan  signifikan. Banyak hal yang dapat diketahui  dari perbedaan 2 metode tersebut, seperti halnya nilai RAB, waktu, dan jumlah pekerja yang terdapat perbedan. Pada metode SNI lebih   efisien   untuk   peerhitungan   RAB,   waktu,   dan   jumlah   pekerja.   Utamanya   pada perencanaan gedung berlantai banyak. Pada analisa harga satuan diketahui perbedaanya yaitu sekitar 28% lebih efisien dengan metode SNI. Terdapat pula selisih harga RAB pada metode SNI  dan  metode  BOW sekitar  36%  lebih  mahal  dengan  metode BOW.  Untuk  kebutuhan pekerja juga lebih efisien 38% menggunakan metode SNI dibandingkan dengan metode BOW. Berdasrkan perbedaan tersebut sangatlah berpengaruh terhadap bobot pekerjaan suatu proyek. Oleh karena itu penggunan metode SNI lebih baik digunakan pada perencanaan suatu proyek utamanya bangunan berlantai banyak.

Keywords


RAB, BOW, SNI, perbedaan, metode, perencanaan gedung.

Full Text:

PDF

References


Redaksi Bumi Aksara., 2011, “Analisa Upah Dan Bahan (Analisa Bow)”, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Darmawan, Dicky., 2017, “Estimasi Anggran Biaya dan Waktu Pem bangunan Pusat Kajian Islam di Fakultas Teknik Universitas Jember”. Jember: Universitas Jember.

Rahman, Abd., 2014, “Perbandingan Estimasi Anggran Biaya Antara Metode SNI Dan BOW Pada Proyek Pembangunan Gedung Joang / Legion Veteran Repu blik Indonesia”. Samarinda : Universitas 17

Agustus 1945 Samarinda.

Mahardika Rahmawan Putra, Nur Azizah Afanndy., 2017, “Perbandingan Estimasi Anggran Biaya Antara Metode SNI Dan BOW”. Lamongan : Universitas Islam Lamongan.

Herwansyah, diyan., 2014. “Estimasi Anggran Biaya Konstruksi Dan Rencana Penjadwalan Tahap Desain Pada Pembangunan Kampus BSI Margonda- Depok”. Depok.

Fatonah, Kurnia. Wulansari, Dwi Novi., 2014, “Estimasi Anggaran biaya Struktur Proyek Pemba ngunan Hotel Quad Makasar Menggunakan Metode SNI”. Jakarta : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Mochamad Amin Dieng Permana, Saifoe El Unas, Eko Andi Suryo., 2015. “Analisis Biaya Rumah Pracetak Berdasarkan Software Microsoft Project Di Perumahan Bulan Terang Utama Malang”. Malang : Universitas Brawijaya Malang.

Rozi Kurniawan, M. Hamzah Hasyim, Saifoe El Unas., “Analisa Perbandingan Metode SNI Dan Software MS. Project Dalam Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Penutup Lantai dan Dinding Serta Pemasangan Paving Block Untuk Konstruksi Bangunan”. Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/hgn.v3i2.2914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Jember

Alamat:  Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124

Phone & Fax: (0331)336728 | 337957

Email: hexagon@unmuhjember.ac.id