Strategi Pengembangan Pupuk Organik Berbasis Limbah Ternak dan Limbah Pertanian di Kabupaten Jember

Achmad Saenimun'im Hidayat, Luh Putu Suciati, Sudarko Sudarko

Abstract


Pupuk organik merupakan salah satu input produksi yang memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka memperbaiki unsur hara tanah yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Aplikasi pupuk organik pada tanaman dapat meningkatkan kesuburan tanah yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman. Hal ini karena pupuk organik bukan hanya memperbaiki tanah dari segi kimia saja, akan tetapi juga memperbaiki sifat fisika dan biologi tanah. Melimpahnya limbah ternak dam limbah pertanian yang belum dimanfaatkan dengan baik merupakan peluang untuk meningkatkan pendapatan peternak dan petani dengan mengolah limbah menjadi pupuk organik padat maupun cair. tujuan dari penelitian ini yaitu menyusun strategi pengembangan pupuk organik berbasis limbah ternak dan limbah pertanian di Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan di Kabupaten Jember dengan menggunakan analisis diamond porter yang dikombinasikan dengan SWOT. Hasil menunjukkan bahwa strategi pengembangan pupuk organik berbasis limbah ternak dan limbah pertanian di Kabupaten Jember adalah strategi kuadran I atau strategi S-O (Strength and Oppurtunity) yaitu memanfaatkan limbah ternak dan limbah pertanian yang melimpah dan motivasi petani dalam penggunaan pupuk organik yang didukung dengan kebijakan pemerintah berupa bantuan fasilitas dan program penggunaan pupuk organik dapat meningkatkan pengembangan usaha pupuk organik

Keywords


Pupuk Organik; Limbah Ternak; Limbah Pertanian; SWOT; Diamond Porter

References


Budiyanto, A., Juarsah, I, dan Handayani, E. P. (2019). Peningkatan kualitas lahan menggunakan pupuk organik terhadap sifat- sifat tanah untuk pertanian berkelanjutan. Jurnal Wacana Pertanian. 14(2):62.

Hafiz, M., Wibowo, S.A., Purbaningsih, W dan Sriyono, S. (2018). Penyuluhan pembuatan microorganisme local bagi warga desa brengkol guna mengurangi penggunaan pupuk kimia pada pertanian. Surya Abdimas. 2(2):21–26.

Naser, N. (2021). Porter diamond model and internationalization of fintechs. Financial Markets, Institutions and Risks. 5(4)

Nurhapsa, N., Suherman,S, dan Irmayani, I. (2021). Optimalisasi limbah ternak sebagai pupuk organik di desa batu mila kecamatan maiwa, kabupaten enrekang, sulawesi selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement). 6(2):88.

Rachma, N. dan Umam,A. S. (2021). Pertanian organik sebagai solusi pertanian berkelanjutan di era new normal. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). 1(4):328.

Raksun, A. dan Japa, L. (2018). Aplikasi pupuk organik untuk meningkatkan pertumbuhan kacang tanah (arachis hypogaea l). Jurnal Pijar Mipa. 13(2):137–139.

Rangkuti, F.(2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratriyanto, A., Widyawati,S. D., Suprayogi, W. P. S., Prastowo,S dan Widyas, N.(2019). Pembuatan pupuk organik dari kotoran ternak untuk meningkatkan produksi pertanian. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat). 8(1)

Rosalina, F., Sukmawati, S dan Febriadi,I. (2021). Sosialisasi pemanfaatan limbah organik sebagai upaya pengurangan ketergantungan pupuk kimia kepada kelompok tani di keluarah majener. DedikasiMU : Journal of Community Service. 3(4):1190.

Setiawan, A. M. dan Kardina, K.(2021). Pemanfaatan limbah pertanian menjadi pupuk organik pada kelompok tani lonrong kecamatan liliriaja kabupaten soppeng. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat. 2(1):19–23.

Sirajuddin, S. N., Nurlaelah, S., Rasyid, I., Mustabi, J dan Rosmawaty, R.(2021). Proses pembuatan pupuk organik dari limbah pertanian dan limbah sapi di kelompok tani sipakainge,kecamatan barru,kab.barru. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1):8.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v7i1.9309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats