Analisis Kepuasan Konsumen menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) pada Industri Sirop Kalamansi “Segar Asri” Kota Bengkulu
Abstract
Jeruk Kalamansi merupakan tanaman khas provinsi Bengkulu. Jeruk Kalamansi umumnya dimanfaatkan menjadi sirop Kalamansi, dimana pengolahan ini melibatkan sejumlah industri sirop diantaranya “Segar Asri”. Tantangan industri sirop Kalamansi yakni memastikan produk memiliki kualitas dan disukai oleh konsumen. Solusi untuk mengetahui kepuasan konsumen pada produk yang ditawarkan yakni melalui sejumlah survei kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data diuji melalui uji realiabilitas dan validitas untuk menentukan atribut yang valid serta reliabel kemudian dianalisis menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis). Analisis kepuasan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Berdasarkan penelitian, analisis kesesuaian antara kinerja dan kepentingan menunjukkan bahwa atribut merek produk menjadi pertimbangan utama dalam pembelian sirop kalamansi “Segar Asri”. Indeks kepuasan konsumen diperoleh atribut produk sirop kalamansi “Segar Asri” termasuk ke dalam kriteria sangat puas, serta berdasarkan diagram IPA perbaikan atribut sirop kalamansi “Segar Asri” yaitu kesesuaian rasa, promosi, aroma, variasi bentuk, ukuran kemasan, dan ketahanan kemasan botol.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. STKIP PGRI Tulung Agung, 27–35.
Anggreani, N., & Anisah, S. (2021). Analisis Kadar Glukosa Jeruk Lokal Provinsi Bengkulu Menggunakan Metode Luff Schoorl. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 343–347. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.3192
Boley, B. B., McGehee, N. G., & Tom Hammett, A. L. (2017). Importance-performance analysis (IPA) of sustainable tourism initiatives: The resident perspective. Tourism Management, 58, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.10.002
Elmitra, & Noviyanti, Y. (2020). Uji sifat fisik sabun padat transparan dari minyak atsiri jeruk kalamansi (Citrus microcarpa). Jurnal Akademi Farmasi Prayoga, 5(1), 40–48.
Fadhilah, C., & Syafutri, M. I. (2021). Kajian Sifat Fisikokimia Permen Jelly Jeruk Kalamansi dengan Perbedaan Jenis dan Konsentrasi Bahan Pemanis. Seminar Nasional Lahan …, 2(8), 459–464. http://conference.unsri.ac.id/index.php/lahansuboptimal/article/view/2201%0Ahttp://conference.unsri.ac.id/index.php/lahansuboptimal/article/viewFile/2201/1377
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Novia, M. ., Semmaila, B., & Imaduddin. (2020). Tata Kelola. Pengaruh kualitas Layanan Dan KuaLitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7, 201–212.
Nurmavina, T., Soedarto, T., & Amir, I. . (2021). Tingkat Kepuasan Petani terhadap Penggunaan Benih Jagung Hibrida di Desa Singkalan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah mahasiswa Agro Info Galuh, 8(3), 783–795.
Siyamto, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode IPA Dan CSI Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 14(1), 63–76.
Supramono, E. (2016). Pengaruh Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Popok Bayi Merek Happy Nappy di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, 2(1), 73–82.
Thanh, L. H., Nhat, L. T., Dang, H. N., Ho, T. M. H., & Lebailly, P. (2018). One Village One Product (OVOP)-A rural development strategy and the early adaption in Vietnam, the case of Quang Ninh Province. Sustainability (Switzerland), 10(12). https://doi.org/10.3390/su10124485
Wijaya, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 11/17.http://eresearch.stikombali.ac.id/admin/files/publikasi_files/b227df3ce9914f93f9016dd60ca9ae63.pdf
DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v7i2.17698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Agribest
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEXING SERVICES