Sosialisasi Menggunakan Media Sosial Dalam Transaksi Jual Beli Di Era Global Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Ibu-Ibu Aisyiyah Temuguruh Banyuwangi
Abstract
Media sosial merupakan alat komunikasi online yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi, berbagi informasi, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas sosial. Platform ini memungkinkan individu untuk terhubung dengan orang lain, membangun komunitas, dan berbagi berbagai jenis konten seperti teks, gambar, video, dan audio. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas sosialisasi penggunaan media sosial dalam transaksi jual beli untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu Aisyiyah di Temuguruh, Banyuwangi, di era global. Dalam era digital ini, media sosial telah menjadi platform yang kuat untuk kegiatan ekonomi, termasuk jual beli. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana sosialisasi yang tepat dapat memberdayakan ibu-ibu Aisyiyah untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran dan penjualan, sehingga meningkatkan pendapatan mereka. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei, wawancara, dan observasi untuk mengumpulkan data tentang pemahaman dan penggunaan media sosial oleh ibu-ibu Aisyiyah, serta dampak sosialisasi terhadap kemampuan mereka dalam melakukan transaksi jual beli online. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan efektivitas sosialisasi dan memberdayakan ibu-ibu Aisyiyah dalam memanfaatkan potensi ekonomi media sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sari, S. S. S. (2022). Pengaruh Media Sosial Dalam Transaksi Jual Beli Di Era Digital: The Influence of Social Media in Buying and Selling Transactions in the Digital Era. JBC: Journal of Beauty and Cosmetology, 4(1), 1-5.
Fahrizal, A., Deswanto, V., Ichdan, D. A., Sabrina, R. P., Agustin, P., & Firnando, D. A. (2024).
SOSIALISASI CARA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI ERA GLOBAL DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT KEMILING
RAYA. JAPMA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI, 4(1), 239-244.
Rahayu, E. L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Per-spektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya: Jurnal ilmu sosial dan Humaniora, 4(2), 672-685.
Aditya, A. R. (2023). Efektivitas Media Sosial dan Teknologi Informasi terhadap Perilaku Masyarakat dalam Operasional Transaksi Jual Beli Online. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(3), 65-70.
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Ca-hyaningrum, I.
(2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Si-dokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.
DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v6i1.22636211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ibna Kamilia Fiel Afroh, Yayah Ikhda Nevia, Holif Duriyantini, Sherly Erima Febriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957