Pelatihan Pengembangan Media Sosial Dalam Penyadaran Kritis di Panti Asuhan Budi Mulia
Juariyah Juariyah, Kukuh Pribadi, Sudahri Sudahri
Abstract
Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Oleh karena itu sangat dibutuhkan kemampuan sekaligus pemahaman dalam penggunaan berbagai platform digital yang terus mengalami perkembangan, terutama pemanfaatan media sosial bagi anak termasuk juga dikalangan anak asuh di Panti Asuhan. Tujuan Pengabdian ini adalah pemanfaatan media sosial dibutuhkan kecerdasan, terutama dalam memilih platform digital dan etika dalam transformasi digital. Anak asuh perlu pendampingan, dan juga transformasi pengetahuan digital yang lebih terarah. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan praktek. Hasilnya adalah melalui pelatihan ini bisa dilihat, sebelumnya sulit menfungsikan media secara baik dan benar, setelah mengukuti pelatihan, banyak peserta yang memiliki kemampuan untuk pengembangan media sosial
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.
Aditya, R. (2015). Pengaruh media sosial instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi pekanbaru. Jurnal Fisip, 2, 1-14.
Agustina. (2016). Analisis penggunaan media sosial instagram terhadap sikap konsumer-isme remaja di sma 3 samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 410-420.
Ahmad, N. S., Hashim, N. H., & Aman, R. C. (2009). Ekspresi emosi dan cara remaja
mengawal emosi : satu kajian rintis. Jurnal Psikologi Malaysia,23, 39–47.
Cangara, Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Effendy, Onong Uchyjana. (2009). Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
AM, M. (2015). Angket pengungkapan diri (self expression) dan pengembagan pembelaja-ran