Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Kinerja Guru melalui Pelatihan Manajemen SDM

Wenny Murtalining Tyas, Aris Yuni Pawestri

Abstract


Permasalahan loyalitas dan kepuasan kinerja guru-guru merupakan faktor yang terpenting sebagai ujung tombak dalam pendidik. Pemahaman guru tentang manajemen SDM mencakup perencanaan, seleksi, penempatan, pengembangan dan evaluasi. Namun lingkup manajemen ini belum semua guru memahaminya bahkan belum diterapkan secara efektif dan efisien. Sehingga berdampak kinerja guru sehari-hari di sekolah. Kegiatan pengabdian dilakukan pada Amal Usaha Muhammadiyah yaitu MIS Muhammadiyah Balung dalam bentuk pelatihan pada semua guru-guru dan karyawan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan menerapkan 3 tahapan yaitu pertama, perencanaan dengan melakukan koordinasi dengan mitra untuk menentukan jadwal pelaksanaan, peserta serta materi yang tepat untuk disampaikan, Kedua, pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan di madrasah MI Muhammadiyah Balung dengan jumlah peserta sebanyak 12 terdiri dari guru, tendik dan kepala sekolah. Pelatihan ini berusaha membuka wawasan untuk diimplementasikan di MIM balung. Ketiga, evaluasi kegiatan dengan cara merefleksi apa yang telah dilakukan oleh Madrasah serta melakukan perubahan yang lebih baik untuk perbaikan loyalitas dan kepuasan kinerja guru.


Keywords


Loyalitas; kepuasan; kinerja; guru; Manajemen SDM

Full Text:

PDF

References


Abubakar, A., Adam, A., Nasir, N., & Lilianti, L. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah: Strategi, Tantangan, dan Solusi untuk Pendidikan yang Sukses.

Antera, S. (2021). Professional Competence of Vocational Teachers: a Conceptual Review. Vocations and Learning.

Astuti, P. (2019). Hubungan Pengembangan Diri dengan Loyalitas Kinerja Guru Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(2), 107–112.

Beerkens, M. (2018). Evidence-based policy and higher education quality assurance: pro-gress, pitfalls and promise. European Journal of Higher Education.

Chamundeswari. (2013). Teacher Management Styles and Their Influence on Performance And Leadership Development Among Students at the Secondary Level. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(1), 367–370.

Evans, L. (n.d.). What is teacher development? In Oxford Review of Education.

Gunawan, Y. M. (2018). Pengaruh Budaya Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Loyalitas Guru (Survey pada Gurudi Sekolah Dasar Negeri Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Unmus, 1.

Hasibuan, E., Rusdinal, & Hadiyanto. (2021). Pandangan Kepala Sekolah Tentang Evaluasi Kinerja Guru. Journal of Counseling, Education and Society, 2(1), 47–50.

Hidayah, S., Zein, H., & Faridul Ilmi, A. (2022). The Effect of Human Resource Management on Teacher Performance. Edutec:Journal of Education and Technology, 6(2), 499–515.

Hutabarat, N., Andriani, T., & Aryani, N. (2024). Perencanaan dan Analisis Kebutuhan Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Jurnal Multidisipliner, 8(12), 557–563.

Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan 2. Alfabeta.

Rivai, V., & Jauvani Sagala, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Rajagrafindo Persada.

Soegandhi, V. M. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Organi-zational CittizenshipBehavior pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Agora, 1(1), 808–819.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v6i1.22636206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wenny Murtalining Tyas, Aris Yuni Pawestri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957