Analisis Kinerja Lalu Lintas Di Area Pembangunan Toll Exit Probolinggo – Banyuwangi
Abstract
Jalan Pantura yang terletak di Jalan Raya Besuki – Situbondo, utara Pulau Jawa, merupakan jalur penghubung penting yang mengalami peningkatan volume lalu lintas akibat pembangunan Tol Probolinggo – Banyuwangi di Kecamatan Suboh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja lalu lintas sebelum, selama, dan setelah pembangunan tol, serta memberikan rekomendasi untuk pengelolaan lalu lintas saat jalan beroperasi penuh. Metode survei lalu lintas lapangan digunakan untuk mengumpulkan data yang dianalisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 untuk menentukan Nilai Level of Service (LOS). Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kondisi sebelum pembangunan, Derajat kejenuhan (DJ) adalah 0,68 dengan LOS C. Selama pembangunan, DJ meningkat menjadi 0,90 (LOS E) untuk arah Besuki ke Situbondo dan 0,93 (LOS E) untuk arah sebaliknya. Kapasitas jalan tercatat sebesar 2799 smp/jam, dengan arus lalu lintas sebesar 2166,2 smp/jam dan tundaan 14,64 det/jam. DJ sebesar 0,77 berada di bawah batas maksimal yang disarankan PKJI 2023, yaitu 0,85. Rekomendasi dari penelitian ini adalah mengatur aktivitas proyek untuk menghindari jam puncak guna mengurangi dampak kemacetan di Jalan Besuki – Situbondo.
Kata Kunci: Analisis Kinerja; Lalu Lintas; Pembangunan Exit Tol; Probolinggo – Banyuwangi; PKJI 2023
Full Text:
PDFReferences
Adha, S. A., Wibisono, R. E., Sabrina, M. A., & Putri, O. E. 2023. Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal Jalan Pulo Wonokromo Kota Surabaya Menggunakan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023. Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi, 1(3). 383-391.
Anindhita, M. 2012. Implementasi Pasal 90 Ayat (3) Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan Dalam Pengadaan Tanah Untuk Pelebaran Jalan Di Wilayah Surabaya Barat. Disertasi. Universitas Brawijaya Malang.
Astuti, M. V., Abadi, T., & Hamduwibawa, R. B. 2023. Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Tiga Mayang Jember. Jurnal Smart Teknologi, 4(2), 139-144.
Badan Pengatur Jalan Tol. 2024, Progres Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. Diakses pada 13 Agustus 2024, dari https://bpjt.pu.go.id.
Departemen Pekerjaan Umum Jendral Bina Marga,2023: Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI).Direktorat Jendral Bina Marga : Jakarta
Harimisa, G. R., Rompis, S. Y., & Rumayar, A. L. 2019. Dampak Pusat Perbelanjaan Terhadap Sistem Kinerja Simpang (Studi Kasus: Giant Ekstra Kairagi, Manado). Jurnal Sipil Statik, 7(8).
Harsono.2001. Coaching dan Aspek-aspek Psikologi dalam Coaching.jakarta:CV. Tambuk Kusuma : Yogyakarta..
Kresnandi, F. I., & Herijanto, W. 2021. Perencanaan Gerbang Tol Probolinggo-Banyuwangi. Jurnal Teknik ITS, 10(2), E162-E168.
Majid, A., Hamduwibawa, R. B., & Kuryanto, T. D. 2022. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Akibat Akitvitas Pasar Dan Alternatif Solusinya (Studi Kasus Pasar Gedang-Ruas Jalan Raya Wates Wetan, Kabupaten Lumajang). Jurnal Smart Teknologi, 4(1), 45-54.
Rosdi, S. 2018. Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Pembangunan Pelabuhan Taddan di Kabupaten Sampang. Disertasi Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Pandiangan, M. J. 2013. Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas di Kota Medan.Disertasi, Universitas Sumatera Utara.
Setiawan, Y. R., & Kusumanegara, M. N. 2022. Analisa Dampak Lalu Lintas Pengaruh Pmbangunan Jalan T0l Semarang – Demak Terhadap Kinerja Jalan Raya Semarang –Dmak (Studi Kasus: Jalan Raya Semarang–Demak STA 9+ 800–STA 11+ 600). Disertasi, Universitas Islam Sultan Agung.
Resha, D. Y., Edi, H., & Fery, C. 2023. Efektifitas Kewenangan Dinas Perhubungan Menerbitkan Andalalin Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 17 Tahun 2021. Ensiklopedia of Journa, 6(1), 76-83.
Rofieq, M. N. J. A., Hamduwibawa, R. B., & Manggala, A. S. 2019. Evaluasi Geometrik - Dan Perkerasan Lentur Jalan Raya Baluran KM 248–KM 250 Kabupaten Situbondo . Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon, 4(1), 31-39.
Rodrigue, J.-P. (2020). The Geography of Transport Systems. Routledge.
Sriharyani, L., & Hadijah, I. 2023. Kepadatan Lalu Lintas Akibat Hambatan Samping Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara Kota Metro. Tapak (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 12(2), 179-189.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.