HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Abstract
Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk bersekolah. Kewajiban ini tentu harus disambut 
oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Dengan demikian sekolah harus menjadaikan 
dirinya sebaik mungkin sehingga menarik minat masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukan 
sekolah adalah dengan menyajikan pembelajaran yang menarik di kelas. Salah satu model yang 
diyakini menarik minat siswa adalah model Cooperative Learning. Lebih khusus lagi Cooperative 
Learning Tipe STAD. Dengan model ini siswa akan diajak untuk saling berkomunikasi dengan 
teman sebayanya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model 
STAD hasil belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sukowono Tahun 2018/2019 
pada materi Perbandingan dapat ditingkatkan.. Obyek penelitian adalah siswa kelas VII-A yang 
berjumlah 30 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Desain 
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Pada setiap siklus 
siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang.. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa pada masing-masing siklus terjadi peningkatan hasil belajar yang terdiri dari 
peningkatan skor yang diperoleh dan peningkatan ketuntasan belajar siswa.
Kata Kunci: PTK, STAD, Perbandingan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i2.3184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
   
   
   
 
 




