Gambaran Gratitude pada Guru Dewasa Madya Di SMP “X” selama Pembelajaran Daring
Abstract
Adanya pandemi Covid-19 membuat terjadinya transisi proses pembelajaran dari tatap muka ke daring. Transisi ini membuat pihak guru dewasa madya mengalami kesulitan. Di tengah-tengah kesulitan yang dihadapi oleh para guru dewasa madya, diperlukannya membangun emosi positif yang salah satunya adalah dengan membangun gratitude. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan serta mengetahui gambaran dimensi gratitude yang timbul pada guru dewasa madya selama PJJ daring berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat partisipan, terdapat satu partisipan yang dimensi sense of abundancenya tidak terlihat, sedangkan pada partisipan lainnya terlihat namun tidak begitu kuat. Dari keempat partisipan, dimensi yang tampak kuat terlihat adalah dimensi appreciation of others dan appreciation of simple pleasure.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Delita, F. (2021). The challenges of E-Learning implementation during the Covid-19 pandemic in Senior High School. Journal of Digital Learning and Education, 1(3), 150-157. DOI: https://doi.org/10.52562/jdle.v1i3.257
Harnani, S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Diakses dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa- pandemi-covid-19
Heryana, A. (2018). Informan dan pemilihan informan dalam penelitian kualitatif. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Ade-
Heryana/publication/329351816_Informan_dan_Pemilihan_Informan_dalam_Penelitian
_Kualitatif/links/5c02c716299bf1a3c159bd92/Informan-dan-Pemilihan-Informan- dalam-Penelitian-Kualitatif.pdf
Indra, R., Lian, G. C., Putri, J. A. I., Valencia, L., Santoso, Y. E. S. U., & Yosua, I. (2021). Gambaran Stres Kerja Dan Koping Guru SMA Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Mind Set, 1(1). ISSN 2685-3620.
Jain, P., & Kaur, J. (2021). Development and validation of Teachers’ Sense of Calling Scale.
Management and Labour Studies, 46(4), 438–451. https://doi.org/10.1177/0258042X211018611
Kemdikbud (2020). Statistik pendidikan. Diakses dari https://statistik.data.kemdikbud.go.id/index.php/page/smp
Kemdikbud. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bisa jadi model pendidikan masa depan. Diakses dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-jarak-jauh-pjj- bisa-jadi-model-pendidikan-masa-depan
Koentjaraningrat. (1993). Metode penelitian masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Mahmud. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, L, J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. (2019). Analisis pengaruh brand equity terhadap purchase intention pada produk
private label studi kasus: Private label Carrefour. JURNAL AKUNTANSI, 4(1), 899. DOI: 10.30736/jpensi.v4i1.216
Nusaibah, H. (2021). KKN UPI 2021: Kesulitan guru "senior" Sekolah Menengah Pertama dalam beradaptasi dengan digitalisasi di masa pandemi. Diakses dari https://www.kompasiana.com/hasnanusaibah6001/6100cc35b337b3779912a4e2/kkn- upi-2021-kesulitan-guru-senior-sekolah-menengah-pertama-dalam-beradaptasi-dengan- digitalisasi-di-masa-pandemi
Putri, M. Y., Wahyuni, I., & Lestantyo, D. (2018). Hubungan motivasi dan manajemen stres dengan stres kerja pada guru SMA Santo Yakobus Jakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(5), 587-593.
Salmons, J. (2018). Qualitative approaches for research in a data-intensive world in: Doing qualitative research online. SAGE Publications Ltd, 1-14. DOI: https://dx.doi.org/10.4135/9781473921955.
Santrock, J. W. (2019). Life-span development (17th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Sari, N. (2020). Imbas Covid, 162.416 pekerja dari SPG hingga guru honorer Kena PHK dan dirumahkan. Diakses dari https://megapolitan.kompas.com/read/2020/04/05/17440261/imbas-covid-162416- pekerja-dari-spg-hingga-guru-honorer-kena-phk-dan?page=all
Stephanie, E. (2013). Analisa pengaruh Rio Dewanto dan Donita sebagai celebrity endorser terhadap minat beli produk Axe Anarchy dengan daya tarik iklan dan efek iklan sebagai variabel intervening. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2). Diakses dari http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- pemasaran/article/view/1044/941/tuff
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: PT Alfabet.
Uchino, N. B. (2009). Understanding the links between social support and physical health: A life-span perspective with emphasis on the separability of perceived and received support. University of Utah Journal, 4(3). DOI: https://doi.org/10.1111/j.1745- 6924.2009.01122.x
Unanue, W., Dittmar, H., Vignoles, V., & Vansteenkiste, M. (2014). Materialism and well being in the UK and Chile: basic need satisfaction and basic need thwarting as underlying psychological process. Eur. J. Personal. 28, 569–585. doi: 10.1002/per.1954.
Verdiana, B. M. (2020). Headline: Virus Corona Covid-19 kian mendunia, kapan akan memuncak?. Diakses dari https://www.liputan6.com/global/read/4206054/headline- virus-corona-covid-19-kian-mendunia-kapan-akan-memuncak
Watkins, P. C., Woodward, K., Stone, T., & Kolts, R. L. (2003). Gratitude and happiness: Development of a measure of gratitude, and relationships with subjective well-being. Social Behavior and Personality: An International Journal, 31(5), 431–451. DOI: https://doi.org/10.2224/sbp.2003.31.5.431
Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Hubungan antara beban kerja, konflik peran, dan dukungan sosial dengan stres kerja pada guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Manado pada masa pandemi COVID-19. Journal of Public Health and Community Medicine, 1(4),80-88.
Willig, C. (2013). Introducing qualitative research in Psychology (3rd ed.). Berkshire: McGraw-Hill Education.
Wood, A. M., Froh, J. J., & Geraghty, A. W. (2010). Gratitude and well-being: a review and theoretical integration. Clin. Psychol. Rev. 30, 890–905. DOI: 10.1016/j.cpr.2010.03.005
DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v19i2.9356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats

.jpg)







