Pengaruh metode bercerita terhadap perkembangan bahasa dan kognitif anak di KB. Raudlah Darus Salam Sukorejo Bangsalsari Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019
Abstract
Riset ini ialah riset kuantitatif yang dimaksudkan untuk mengenali akibat metode bercerita pada peningkatan keterampilan bahasa serta peningkatan kemampuan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini melibatkan 35 siswa di KB Raudlah Darus Salam Sukorejo Bangsalsari Jember pada semester genap tahun pembelajaran 2018-2019 dipilih untuk jadi partisipan dalam penelitian ini. Masalah-masalah yang dibahas dalam riset ini ialah( 1) Apakah metode bercerita bisa berpengaruh pada peningkatan keterampilan bahasa anak?( 2) Apakah metode bercerita bisa berpengaruh pada kepada peningkatan keterampilan kognitif? Data yang didapat dianalisis memakai analisa regresi sederhana. Hasil riset ini membuktikan jika metode bercerita dapat mempengaruhi kemampuan bahasa anak (p = 0,087; a = 0,10). Selain itu, metode bercerita juga terbukti dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak (p = 0,091; a = 0,10). Menurut hasil riset yang didapat bisa dikatakan apabila guru pembelajaran anak usia dini, secara lebih khususnya, guru kelompok bermain dianjurkan untuk menerapkan metode bercerita karena metode tersebut sudah terbukti mampu tingkatkan keterampilan bahasa serta keterampilan kognitif anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto, 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Daroah, Siti. 2013. Meningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 RA Perwanida 02 Slawi’. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: FKIP Universitas Semarang.
Desti, Hasriana. 2014. Meningkatkan kedisiplinan melalui metode Bercerita pada kelompok bermain di PAUD amanah Kota Lubuklinggau. Skripsi tidak dipublikasikan. Padang: Universitas Negeri Padang.
Degeng, Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Depdiknas, 2004. Kurikulum TK dan RA, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, 2000. Kurikulum berbasis kompetensi TK, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menengah
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Eny Zubaidah, 2010. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Draft Buku Pendidikan Dasar FKIP UNY. Yogyakarta: UNY Press.
Istilah. 2016. Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Perkembangan Kognitif Anak TK PGRI Silo Tahun Pelajaran 2016/2017.Tesis tidak dipublikasikan. Jember: Pascasarjana IKIP PGRI Jember.
Jamaris, Martini, 2006, Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak Pedoman Bagi Orang Tua Dan Guru, Jakarta: Grasindo.
Nurbiana Dhieni dkk., 2008. Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: UT.
Nurhadi. 1989. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: CV Sinar Baru.
Moeslihatoen, 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Reigeluth, Charles M. 1999. Instructional-Design Theories and Models. Lawrence Erlbaurn Associates, Inc.
Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: ALFABETA.
Setyawan, Sigit. 2013. Nyalakan Kelasmu: 20 Metode Mengajar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Grasindo.
Sumiharsono, Rudy, dkk. 2015. Pedoman Penulisan Tesis. Jember: Program Pascasarjana IKIP PGRI Jember.
Smaldino, Sharon E. Dkk. 2011. Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: KENCANA Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif dan R & D. Bandung: Alfbeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suratno. 2005. Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.
Syakir Abdul Azhim, 2011. Membimbing Anak Terampil Berbahasa, Depok: Gema Insani Press.
Sujiono, Yulianti Nuraini, dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.
Ustofia, Anayatul. 2016. Pengaruh Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Pembina Jombang. Tesis tidak dipublikasikan. Malang: Pascasarjana UM.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.