Implementasi gender dalam pengasuhan pembelajaran di PAUD Permata Karunia usia 4 - 6 tahun

Andi Musda Mappapoleonro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi gender dalam pengasuhan pembelajaran dengan metode bermain, pembentukan perilaku, dan aspek kemampuan,  Pendidikan Anak Usia Dini Permata Karunia Depok  pada usia 4 - 6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua PAUD yang ada di Kecamatan Cipayung Depok. Sampel penelitian ini adalah tiga guru ditambah satu kepala sekolah dan dua puluh tiga anak di PAUD Permata Karunia Depok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Metode pengasuhan pembelajaran yang diterapkan adalah metode bermain, bercerita, di setiap aspek perkembangan anak. Implementasi gender dalam pengasuhan pengembangan perilaku pada anak diterapkan dengan berdasarkan pada nilai-nilai moral beragama berkembang dengan baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gender dalam pengasuhan pembelajaran di PAUD Permata Karunia Depok sudah ada dan dikembangakan oleh pendidik yang berdasarkan pada Permendiknas sudah diterapkan dengan tepat dan baik.


Full Text:

PDF

References


Semiawan, C. R. (2002). Pendidikan Keluarga dalam Era Globalisasi. Jakarta: Perhalindo.

Depdiknas. (2003) Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

Dewantara. (1977). Ki Hjar Pendidikan Bagian I dan Bagian II, Yokyakarta: Majelis Ulama Taman Siswa.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Ingrid, R. (2007). When Will Society be Gender just. dalam The Future of Gender, Jude Browne (Ed), Cambridge: Cambridge University Press.

Mosse, J. C. (2007). Gender Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Papalia, D. E., Olds, S. W., dan Feldman, R.R. (2001). Human Development. Boston: McGraw Hill

Santrock, J.W. (2012). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2008). Perkembangan Anak Jilid 1 Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. (2011). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya, Jakarta.

Shocchib, Moh. (2014). Pola asuh orang tua dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.