PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MELUKIS

Widiyanto Widiyanto, Tri Endang Jatmikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis. Kegiatan melukis dalam penelitian ini dengan menggunakan kuas dan finger painting dengan menggoreskan bubur warna secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas kertas. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas pada anak di salah satu TK kelompok B di daerah Wonosari. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi berupa hasil karya anak selama kegiatan pembelajaran berlangsung dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melukis dengan kuas dan jari mampu meningkatkan kreativitas anak hingga 77.5%. Melalui kegiatan melukis anak mempunyai inisiatif dalam membuat suatu bentuk lukisan berdasarkan kreasinya sendiri, anak mampu menampilkan obyek lukisan pada tempatnya, mengkombinasikan obyek lukisan, mampu mencampur warna baru, anak mampu mewarnai pada lukisan sesuai obyek, serta mampu mencampur dengan gradasi yang sempurna.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian.Jakarta.Penerbit: PT. Bumi aksara

Erick.2014.http://www.bersosial.com/threads/manfaat-permainan-dan-kreativitas

Novikasari Mely.2012.Pengembangan Kreativitas AnakUsia Dini. http://melyloelhabox.blogspot.co.id/2012/10/Melukis-bagi-anak-usia-dini. online,diakses 02 maret 2017

Rahmawati Yeni, Kurniati Euis.2011.Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak.Jakarta.Penerbit : Kencana

Rini Ayu.2008.Seni Melukis Kreatif.Jakarta.penerbit : Pustaka Mina

Suharnan. 2011. Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya. Penerbit : Laros

Suyanto Slamet.2008.Strategi Pendidikan Anak.Yogyakarta.Penerbit : Hikayat Publishing

Uncategorizet. 2012.Pengembangan Kreativitas anak Kemampuan Dasar seni. Dalam http://pgpaudduaa.wordpress.com/2012/06/19/pengembangan-Kreativitas-Anak-dalam-kemampuan-Dasar-Seni. online, diakses 01 maret 2017