Analisis Determinan Kepercayaan Tamu Hotel Terhadap Keputusan Menginap Selama Masa Pandemi COVID-19

Syah Riza Octavy Sandy, Rahmaningtyas Fitriana A, Meidivva Naraya Sabrina

Abstract


Penelitiaan ini berfokus pada Analisis Determinan Kepercayaan Tamu Hotel Tehadap Keputusan Menginap Selama Masa Pandemi Covid-19. Dapat diinformasikan dari hasil penelitian ini kepada kolega pemangku kepentingan adalah asosiasi PHRI  (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) Cabang Jember, serta bertambah spesifik pada pelaksana bisnis pelayanan hotel menjadi pusat perhatian saat mengubungkan kebijakan dalam menanggapi taktik  pemasaran perhotelan saat kondisi pandemic Covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk  mengidentifikasi  serta  melakukan analisis strategi  hotel terhadap kepercayaan tamu hotel untuk keputusan menginap selama Pandemi  Covid  19. Tamu hotel merupakan populasi dari penelitian ini. Dalam hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa, (1) Kecakapan (ability), kebaikan hati (benevolence), serta integritas (integrity) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen menginap di hotel pada Hotel Bintang III di Kabupaten Jember. (2) Kecakapan (ability) berpengaruh terhadap keputusan konsumen menginap di hotel pada Hotel Bintang III di Kabupaten Jember. (3) Kebaikan hati (benevolence) berpengaruh terhadap keputusan konsumen menginap di hotel pada Hotel Bintang III di Kabupaten Jember. (4) Integritas (integrity) berpengaruh terhadap keputusan konsumen menginap di hotel pada Hotel Bintang III di Kabupaten Jember.


Keywords


Kepercayaan Tamu Hotel; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agag, G., & El-Masry, A. A. (2016). Understanding the determinants of hotel booking intentions and moderating role of habit. International Journal of Hospitality Management, 54, 52–67. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.01.007

Anwari Masatip, Ita Maemunah, Dina Rosari, Christina Anggreani Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Inna Parapatdalam Situasi Pandemi Covid-19

Budi Sulistiono, A. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap. Unversitas Diponegoro, 1–7.

Covid.go.id. (2021). Peta Sebaran COVID-19. 2021.

Guspul, A. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah (Studi kasus pada nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). Jurnal PPKM, 1(1), 40-54.

Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta : PT. Pradya Paramitha.

Hüseyin Ekizler, Ö. Ü. (2021). The Role of Perceived Risk and Service Quality on Purchase Intention and WOM through Consumer Trust in E-Commerce. January.

https://www.blackxperience.com/blackattitude/blackspot/industri-hotel-di-masa-pandemi

Junaedi, Achmad Tavip, Evelyn Wijaya, and M. M. (2020). Building Consumer Satisfaction To Improve Consumer Trust Through Service Quality and Consumer Experience in Jne Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(3), 504–510. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.03.10




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v5i1.7687

Copyright (c) 2022 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats