Implementasi Konsep Pentahelix Dalam Pengembangan Desa Wisata Cibuntu
Abstract
Pembahasan penelitian di titikberatkan pada pnerapan konsep Penta Helix dalam pengembangan desa wisata di Cibuntu. Penelitian ini merupakan studi kasus, narasumber dalam penelitian ini sebanyak lima orang yangmerupakan perwakilan dari pebisnis, pemerintah, komunitas, akademisi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konsep Pentahelix telah berjalan dengan baik. Koordinasi dan kolaborasi yang sinergis dari masing-masing elemen Pentahelix mengantarkan Desa Wisata Cibuntu meraih beberapa penghargaan dalam bidang pariwisata.Koordinasi dan kolaborasi yang telah terbangun antara pihak pemerintah, pelaku bisnis pariwisata, komunitas, akademisi,serta media perlu dipertahankan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Halibas Alrence Santiago, Sibayan, Rowena Ocien, Maata, Rolou Lyu Rodrigues (2017) The Pentahelix Model Of Innovation
Kotler, P., Bowen, J & Makens, J (2006) Marketing for hospitality & Tourism (4th ed) Upper Saddle River, NJ:Prentice hall
Pitana (2009) Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta : Penerbit Andi
Satari, F.C & Asad, N (2016). Model strategi Pengembangan Wirausaha & Ekonomi kreatif di Tingkat kota (Pemetaan Per-kecamatan) di Bandung, dengan pendekatan Ekosistem Ekonomi kreatif, SWOT, identifikasi peran (Pentahelix) Stakeholders & Rencana Aksi Implementasinya, Bandung, Retrieved from http://www.feb.unpad,ac,id/dokumen/files/01-Laporan-Kemajuan_RFU_FINAL pdf
Soemaryani Imas (2016). Pentahelix Model To Increax Tourist Visit To Bandung & Its Surrounding Areas Through Huan Rescue Development. Academy of Strategic Management Journal Vol 15, Special Issues, 2016
Wang, Youcheng & Pizam, Abraham (2011). Destinations Marketing & Management. Theories & Applications, Oxford: CABI Publishing.
DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v4i1.5389
Copyright (c) 2021 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats