Pengaruh Beban Kerja Pada Tingkat Stress Kerja Karawan Yang Berdapak Pada Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan Hotel di Jember

Faozen Faozen

Abstract


Tingginya beban kerja menjadi menjadi sebab stress kerja karyawan meningkat, hal ini tidak baik bagi perusahaan terutama pada tingkat motivasi kerja karayawan dan kinerja karyawan mengalamami kemunduran (penurunan) beban kerja perlu diukur supayan tingkat stress yang ingin ditimbulkan berpengaruh dengan baik, secara umum stress kerja terbagi menjadi dua diantaranya stress berpengaruh positif dan stress berpengaruh nigatif.Kinerja karyawan merupakan bentuk respon dari beban kerja yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel beban kerja terhadap stress kerja, motivasi kerja, kinerja karyawan berpengaruh positif, apakah beban kerja berpengaruh pada kinerja karayawan melalui stress kerja, apakah beban kerja memiliki dapak pada kinerja kayawan melalui stress kerja dan motivasi kerja, apakah beban kerja memiliki dampak pada motivasi kerja melalui stress kerja. populasi penelitian ini adalah para karyawan hotel di Jember dengan sampel 120 orang, penetapan sampel dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel beban kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja. variabel beban kerja memiliki pengaruh nigatif dan tidak signifikan terhadap motivasi kerja. variabel beban kerja memiliki efek nigatif dan signifikan dalam kinerja karyawan secara langsung. variable stress kerja memiliki efek nigatif dan signifikan untuk motivasi kerja. variabel stres kerja memiliki efek positif dan tidak signifikan pada kinerja karyawan secara langsung. variabel motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara langsung. beban kerja variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja secara langsung. beban kerja variabel memiliki pengaruh nigatif dan signifikan terhadap motivasi tenaga kerja melalui stres tenaga kerja. beban kerja variabel memiliki pengaruh nigatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui stres kerja dan motivasi tenaga kerja. Variabel stres kerja memiliki efek nigatif dan tidak signifikan pada kinerja karyawan melalui motivasi tenaga kerja.

 


Keywords


beban kerja; stress kerja; motivasi kerja; kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Faozen. 2019. Work Stress: Antesedent Variables And Its Impact On Employee Motivation And Performance (Case Study At The University Of Muhammadiyah Jember). ICOGISS 2019. 1, pp.536-553. Jember: jurnal.unmuhjember.ac.id. doi:http://dx.doi.org/10.32528/pi.v0i0.2521.

Ramdhani 2011, Pelaksanaan Program Pelatihan dan Kompetensi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan di PT Otto Phrmaceutical Industries, Tesis Magister Manajemen ,Universitas Bina Nusantara.

Yuli Tania,2010, Analisis Pengaruh Stress Kerja, Konflik Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Cempaka Bersamamaju, Tesis Magister Manajemen ,Universitas Bina Nusantara.

Yulianti Praptini, 2000. Pengaruh Sumber-Sumber Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Edukatif tetap Fakultas Ilmu Sosial Universitas Airlangga Di Surabaya. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya : Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Universitas Airlangga

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta

Hasibuan, S.P. Melayu, 2003, MSDM, EdisiRevisi, Jakarta ,PT. Bumi Aksara,

Samsudin. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung Pustaka Setia

Nazir,M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta :Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v4i1.5332

Copyright (c) 2021 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats