PENGARUH FASILITAS WISATA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI DUNIA AIR TAWAR DAN DUNIA SERANGGA TMII

Cicilia Iswidyamarsha, Yudhiet Fajar dewantara

Abstract


Dunia Air  Tawar dan Dunia Serangga TMII menyajikan banyak informasi yang mengedukasi para wisatawan. Penelitian disebarluaskan melalui kuesioner kepada 100 responden yang sudah pernah berkunjung ke Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga TMII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji f,  uji korelasi dan determinasi. Hasil uji validitas Fasilitas Wisata, Promosi dan Minat Berkunjung memiliki r hitung lebih besar dari 0,463 sebagai r tabel atau semuanya sudah valid. Hasil uji reliabilitas Fasilitas Wisata memiliki Alpha Cronbach 0,653, Promosi memiliki 0,744 dan Minat Berkunjung memiliki 0,757 artinya semua variabel memiliki reliabilitas baik. Hasil uji asumsi klasik memenuhi umsi persyaratan uji regresi berganda. Dari hasil uji t Fasilitas Wisata secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung. Selanjutnya Promosi secara parsial  memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung. Hasil uji F, Fasilitas Wisata dan Promosi secara simultan mempengaruhi Minat Berkunjung.  Kesimpulan dalam penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan nilai positif dan ketepatan prediksi bahwa ada pengaruh antara Fasilitas Wisata dan Promosi terhadap Minat Berkunjung pada Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga TMII. Saran yang diberikan, perlunya meninjau kembali dalam meningkatkan Fasilitas Wisata dan memodifikasi serta aktif dalam Promosi untuk menarik Minat Berkunjung

Keywords


Fasilitas Wisata, Promosi dan Minat Berkunjung

Full Text:

PDF

References


Auladi, M., Mawardi, K., & Sanawiri, B. (2017). Pegaruh City Branding Serta Tagline “Kediri Lagi” Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Domestik Kabupaten Kediri. Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. 44, No.1,106

Adrian, D., & Hidayat, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Wisata, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Goa Kreo Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis: Volume 6, Nomor 2, 4.

Desy Agestia. (2016). Tinjauan Fasilitas Rekreasi Di Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Kota Pekanbaru. JOM FISIP: Vol 3, No. 2, 4.

Fitri, Aprilia. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. 24, No. 1, 2

Riyanto, Slamet., & Hatmawan, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Sleman. Yogyakarta:PENERBIT DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Sugiarto, B., Bima, O., & Asthararianty. (2019). Perancangan Promosi Wisata Bahari di Kawasan Pantai Cumpat, Keluraha Kedung Cowek, Surabaya. Jurnal DKVAdiwarna, Universitas Kristen Petra: Vol.2, No. 3.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sulistiyana, R., Hamid, D., & Azizah, D. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan

Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 25 No.1, 6.

Suryani., & Hendriyadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana – Pranada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3849

Copyright (c) 2020 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats