Pengaruh Efektifitas Dan Produktifitas Kerja Pramusaji Terhadap Pelayanan Hotel Di Jember

Hadi Jatmiko

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Efektifitas Dan Produktifitas Kerja PramusajiTerhadap Pelayanan Hotel Di Jember”. Penelitian ini mengkaji dan mengetahui pengaruh efektifitas dan produktifitas Pramusaji dalam meningkatkan pelayanan hotel di Jember yang diharapkan dapat menghasilkan informasi tentang Efektifitas dan Produktifitas pelayanan makanan dan minuman di hotel sesuai dengan keinginan tamu. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini respondennya adalah Pramusaji yang berada di hotel di Jember sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara berstruktur, studi kepustakaan dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan dukungan analisis statistik Linier Berganda dan Pengujian terhadap hipotesis penelitian yang diajukan melalui Uji F-Statistik dan Uji t-Statistik. Berdasarkan hasil analisis data serta uraian pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Efektifitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas layanan pramusaji atau waiter/ss hotel di Jember dan Produktifitas kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas layanan pada Pramusaji atau waiter/ss hotel di Jember.

Keywords


Efektifitas dan Produktifitas, Pramusaji, Pelayanan Hotel

Full Text:

PDF

References


Agusnawar, A.Md.Par. 2002. Pengantar Operasional Kantor Depan Hotel. PT. Perca, Jakarta

Darsono Agustinus. 2001. Kantor Depan Hotel. PT.Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta

Handoko T. Hadi. 2000. Manajemen Personalia Dan Sumberdaya Manusia. BPFE: Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Soekadijo. R. G. 2000. Anatomi Pariwisata. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum.

Soekresno, 2001. Manajemen Manajemen Food & Beverage Service. PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiarto Endar, Ir, MM. 1996. Pengantar Akomodasi Dan Restoran. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Sugiharto, Endar & Sulatiningrum. 2003. Pengantar Akomodasi dan Restoran.Gramedia Pustaka Utama

-----------, Ir, MM. 1997. Operasional Kantor Depan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kelima, Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandi. 2001. “Strategi Pemasaran”. Edisi kedua, Yogyakarta : Andi

Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta : PT. Pradya Paramitha.

Yoeti, Oka. 1996. Pemasaran Pariwisata, Bandung : Angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32528/sw.v2i1.1822

Copyright (c) 2019 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats