Efektifitas Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bola Voli di SMA IT Dipatiukur Ciparay

Laily Khoerunnisa, Deden Akbar Izzuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang Efektifitas pelaksanaan ekstrakurikuler bola voli di SMA IT DU Ciparay. Populasi penelitian ini adalah semua siswa dan siswi yang ikut dalam pelaksanaan ekstrakurikuler bola voli yakni berjumlah sebanyak 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik mengisi angket dimana sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi penelitian yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket instrument penelitian dengan skala likert. Hasil analisis data, 1) tingkat capaian motivasi siswa dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Bola voli berada pada klasifikasi cukup, yaitu dengan tingkat capaian jawaban responden mencapai 70%, 2) tingkat capaian sarana dan prasarana dalam pelaksanaan ekstrakurikuler bola voli berada pada klasifikasikan baik, yaitu dengan tingkat capaian sebesar 62%.Setelah siswa mengikuti tes kemampuan, peneliti akan mengolah data yang diperoleh dan mempresentasikan hasil tes yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini yang menjadi objek pembahasan utama adalah pelaksanaan ekstrakurikuler siswa SMA IT Dipatiukur ciparay bola voli.Simpulan, pelaksanaan ekstrakurikuler bola voli dalam kategori baik.


Keywords


Efektifitas, Pelaksanaan, Ekstrakurikuler, Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Ainun. 2020. Permainan Bola Voli: Pengertian, Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar Bola Voli. https://salamadian.com/permainan-bola-voli/. (diakses tanggal 17 Mei 2021)

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Pengertian Prestasi Belajar. Pengertian Prestasi Belajar, 53(9), 11–57.

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Pengertian Prestasi Belajar. Pengertian Prestasi Belajar, 53(9), 11–57.

Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif Di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123-128.

Hidayatullah, F. (2018). Pemetaan Kompetensi Pengetahuan Pembina Dan Pelatih Ekstrakurikuler Bola Basket Di Tingkat Mapping of Basketball Extracurricular Trainer and Coach Knowledge Competencies in Middle School of Bangkalan District. 17(2), 67–76.

Irsyada, Mahfud.2021.Pengertian Bola voli. https://belajargiat.id/bola-voli/ . (diakses tanggal 17 Mei 2021)

Murtiyono, E. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Mini Melalui Tutor Sebaya Siswa Sekolah Dasar. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(7).

Supriyadi, M. (2019). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bola Voli pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 108-115.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v2i1.9049

Copyright (c) 2022 Laily Khoerunnisa, Deden Akbar Izzuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats