Pengaruh Media Bola Karet terhadap Kemampuan Dasar Shooting Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Bola Basket di SMP PGRI 3 Pangkalpinang

Juni Indo, Dedy Putranto, Erick Prayogo Walton

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang kurang mampu dalam melakukan teknik dasar shooting, siswa sering mengeluh karena bola basket terlalu berat dan terlalu besar,  hasil pembelajaran shooting dalam permainan bola basket masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 61, dan belum adanya pemanfaatan media yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran shooting bola basket pada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media bola karet terhadap kemampuan dasar shooting siswa kelas VIII pada pembelajaran bola basket di SMP PGRI 3 Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode pre-experimental design. Dalam penelitian ini desain yang digunakan yaitu one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 3 Pangkalpinang yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan teknik dasar shooting bola basket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan rumus uji-t antara tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) diperoleh hasil yaitu nilai thitung 15,492, sedangkan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai ttabel 1,753. Ternyata nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (15,492 > 1,753), sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya Ada pengaruh yang signifikan media bola karet terhadap kemampuan dasar shooting siswa kelas VIII pada pembelajaran bola basket di SMP PGRI 3 Pangkalpinang.


Keywords


Media Bola Karet, Kemampuan Dasar Shooting Bola Basket.

Full Text:

PDF

References


Ali Maksum. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa

University Press.

Gilang, R. P. S. 2014. Pengaruh Metode Latihan Shooting Dengan Konsep Beef Terhadap Keterampilan Shooting Bolabasket Pemula. FIK. UNY.

Gunawan, Y. K. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing (Lempar Tangkap) Dalam Pembelajaran Bola Basket Melalui Modifikasi Bola Karet Di Kelas VII-2 Smp Negeri 4 Cibinong Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Inovasi, 3(4), 60-65.

Khoeron, N. 2017. Buku Pintar Basket. Jakarta: Anugrah.

Muhammad Irham. 2018. Pengaruh Latihan Bola Basket Mini Satu Ring Terhadap Keterampilan Bermain Bola Basket Siswa MI Annizhomiyyah Jaha Labuan. Tesis. Universitas Islam Negeri. Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Raswin, R., & Aulia, R. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Mini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Bola Karet. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(1), 68-77.

Riadi, E. 2015. Metode Statistika Parametrik dan Nonparametrik. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Nugroho, Septian Putra Aji. 2013. Pengaruh Latihan Shooting Free Throw Menggunakan Modifikasi Bola Terhadap Hasil Shooting Free Throw pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 3 Ungaran. FIK UNES.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, T. 2016. Buku Pintar Pintar Olahraga. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v2i2.9045

Copyright (c) 2022 Juni Indo, Dedy Putranto, Erick Prayogo Walton

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats