Penggunaan Metode Suara Sebagai Pembelajaran Jasmani Pada Anak Tunanetra

Surya Agung Prasetyo, Wahyu Eko Widiyanto

Abstract


Pendidikan merupakan hak bagi setiap anak di indonesia tidak terkecuali  anak-anak yang mengalami disabilitas, mereka memilik hak yang sama atas pendidikan tersebut. Keterbatasan yang dialami kadang menghambat mereka untuk bersosialisisasi layaknya anak normal lainnya. Untuk itu selaku pendidik harus perduli dengan keterbatasan tersebut. Seorang pendidik harus mampu memfasilitasi siswa-siswa yang mengalami disabilitas tersebut untuk menggali potensi-potensi yang dimilik. Dalam aktivitas gerak khususnya bagi tunanetra harus di buat bentuk-bentuk aktivitas yang mampu membuat mereka aktif secara jasmani yang diharapkan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi siswa penyandang disabilitas tersebut. Dalam penelitian ini dikembangkan beberapa model permainan khsususnya bagi penyandang tunanetra. Peneliti menggunakan beberapa tahapan dalam pengembangan ini sesuai dengan teori yang sudah ada.

Keywords


media; tunanetra; penjas; adaptif

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal, Saputro, Mahardi, Duli Agus Lauh, Whalsen. 2019. Pengembangan model pembelajaran aktifitas jasmani bagi anak SD SLB Tunanetra di Kota Singkawang. Jurnal Pendidikan Olahraga. 8 (2), 127-137.

Hendrayana. 2018. Meningkatkan Jumlah Waktu Aktif Belajar Melalui Penerapan Inovasi Bola Bersuara Bagi Tunanetra. ISBN 978-602-6428-73-8.

Priyono, Ali, Laelatul, Badria, Sanjaya, Deny Kartadilaga, 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Jasmani Suara Dalam Pembalajaran Keterampilan Jalan Pada Siswa Tunanetra. Seminar Nasional Pendidikan. Majalengka, 27 Agustus 2020. Hal: 314-321.

Ragil, Dimas Satrio. 2016. Tingkat Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Penjas Adaptif) Di Sekolah Dasar Inklusi Se-Kecamatan Sentolo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Saputra, Hery. 2015. Efektivitas Pelaksanaan Olahraga Goalball Terhadap Peningkatan Ketrampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunanetra SLB Negeri Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Susanti, Meri, Nora Zulvianti, 2018. Pelayanan Pendidikan Inklusif Bagi Tunanetra (Studi Kausu di IAIN Bonjol Padang) Meri Susanti. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 1 (1), 39-53.

Trisna, Ega Rahayu, Febriana Pratiwi, Dhika Bayu Mahardhika, 2018. Pengaruh Inovais Media Pembelajaran Loud Ball Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Riset Inovatif-6. Bali, 6 November 2018. Hal: 216-223.

Yanuarti, Nina, 2016. Penerapan Metode Bagian Dan Metode Keseluruhan (Part Method And Whole Method) Dalam Pembelajaran Penjas Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Gerak Anak Tunanetra Kelas IV Di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Widia Ortodidaktita. 5 (6), 3-14.

Yunisya, Putri, Asep Ahmad Sopandi, 2020. Penyelenggaraan Pembelajaran Penjas Adaptif bagi Tunanetra di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 (SMK N 7 Padang). Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development. 1 (1), 30-35.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i2.8855

Copyright (c) 2020 Surya Agung Prasetyo, Wahyu Eko Widiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats