Implementation of the Kurikulum Merdeka in Physical Education Learning

Cucu Hidayat, Angelina Nur Ichsan, Ida Wahidah, Endah Listyasari, Aang Rohyana, Ucu Muhammad Afif, Agus Arief Rahmat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data tentang bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri 5 Tasikmalaya pada tahun 2024. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Fokus penelitian ini adalah untuk menemukan elemen yang memengaruhi motivasi belajar siswa, tantangan, hambatan, persepsi, dan strategi untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PJOK. Wakil Kurikulum, guru PJOK, dan empat siswa adalah anggota sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 5 Tasikmalaya memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, meskipun masih terdapat hambatan dan tantangan yang dihadapi Guru PJOK dan Waka Kurikulum memiliki persepsi positif terhadap fleksibilitas dan inovasi yang ditawarkan oleh Kurikulum Merdeka. Namun, keterbatasan fasilitas dan kurangnya pelatihan bagi guru menjadi hambatan utama dalam pelaksanaan kurikulum ini. Strategi yang diterapkan untuk mengatasi tantangan ini meliputi peningkatan kolaborasi antara guru, pengembangan materi pembelajaran yang kreatif, dan penyesuaian metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan dukungan sarana dan prasarana serta pelatihan yang berkelanjutan bagi guru untuk mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 5 Tasikmalaya


Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PJOK

Full Text:

PDF

References


Arofah, E. F. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218–229.

Chamisijatin, L., & Permana, F. H. (2020). Telaah Kurikulum (Vol. 1). UMMPress.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage publications.

Dey, I. (2003). Qualitative data analysis: A user-friendly guide for social scientists. In Qualitative Data Analysis: A User-Friendly Guide for Social Scientists. https://doi.org/10.4324/9780203412497

Dr. Abdul Fattah Nasution, M. P. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Hidayat, C., Lengkana, A. S., Rohyana, A., Purwanto, D., Razali, & Rosalina, M. (2023). Motivating Active Learning in Physical Education: Critical Thinking. European Journal of Educational Research, 12(2), 1137–1151. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.2.1137

Ibrahim, R., & Masitoh, M. (2011). Evaluasi Kurikulum. Kurikulum Pembelajaran, 1–22.

Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–816.

Lukman Nul Hakim. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Rohyana, A., Juniar, D. T., & Blegur, J. (2023). Sharing and Knowing Learning Model: Is it Effective in Increasing Student Learning Activities and Understanding? Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(2).

Sianturi, E. R., Simangunsong, F. A., Zebua, E. Y., & Turnip, H. (2022). Pengawasan dan evaluasi kurikulum. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 175–183.

Widyastuti, R. (2022). Peningkatan motivasi pembelajaran materi bulan ramadhan yang indah melalui media vidio pembelajaran pada Siswa Kelas V SDN 199 Bengkulu Utara. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 245–252.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v5i1.22915

Copyright (c) 2024 Aang Rohyana, Cucu Hidayat, Angelina Nur Ichsan, Ida Wahidah, Endah Listyasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor