ANALISIS KEBERLANJUTAN USAHATANI KOPI RAKYAT DI KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER

Retno Murwanti

Abstract


Kecamatan Silo merupakan salah satu sentra produksi kopi rakyat di Kabupaten Jember.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberlanjutan usahatani kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.Keberlanjutan merupakan kata kunci bagi pembangunan kopi rakyat di Kecamatan Silo, karena sebagian besar perkebunan kopi di daerah ini di usahakan oleh rakyat.Salah satu analisis sederhana secara kuntitatif yang dapat dilakukan untuk hal tersebut adalah dengan menggunakan RAP-Coffee (Rapid Appraisal Technique Coffee).Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan MCA (Multi Criteria Analysis) untuk mengetahui keberlanjutan usahatani kopi rakyat di Kecamata Silo Kabupaten Jember.Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan RAP-Coffee mampu menganalisis seluruh dimensi keberlanjutan dari usahatani kopi rakyat di Kecamatan Silo secara sederhana dan menyeluruh.Bahwa usahatani kopi rakyat di Kecamatan Silo secara keseluruhan telah berkelanjutan, dimana ekonomi merupakan dimensi tertinggi dan etika merupakan dimensi terendah.Bahwa keberlanjutan pembangunan usahatani kopi rakyat sangat ditentukan oleh dimensi ekonomi. Kebijakan pembangunan usahatani kopi rakyat diharapkan lebih memfokuskan bagaimana mendesain pola pembangunan kopi rakyat dengan etika yang berkelanjutan, sehingga dapat berkembang ke arah yang lebih positif.

References


Adrianto L. 2005. Pembangunan dan Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil yangBerkelanjutan (Sustainable Small Islands Development And Management).Working Paper. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, InstitutPertanian Bogor. Bogor, Indonesia.

BPS. 2009. Kabupaten Jember dalam Angka tahun 2008. Surabaya: Badan Pusat Statistik Jawa Timur.

Direktorat Jenderal Bina Produksi Perkebunan, 2001. StatistikPerkebunan, Kopi Robusta. Direktorat Jenderal BinaProduksi Perkebunan, Jakarta.

Gallopin, G. 2003. A System Approach to Sustainability and sustainable Developmnet. Sustainable Development and Human Settlement Divisions. Chile: Nacion Unidas Santiago.

Godet, M. (1999). How to be Rigorous with Scenario Planning. Journal of Futures Studies,Strategic Thinking and Policy. Vol.2, No.1. Camford, Paris.

Mendoza GA, R Prabhu. 2002. Multidimensional Measurements and Approaches to Forest Sustainability Assessments : Multi-Objective Forest Planning. Netherland : Kluwer Academic Publishers.

Munasinghe, M. 1993. Environmental Economic adn susatainable Development. The International Bank for Reconstruction and Development. Washington: World Bank.

Nazir, M. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moh., Nazir, 1999, Metode Penelitian, Cetakan Ketiga, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Pitcher, J. Tony. 1999. Rapfish, A Rapid Appraisal Technique For Fisheries, And Its Application To The Code Of Conduct For Responsible Fisheries. Rome: FAO Fisheries Circular.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.