KESEIMBANGAN KOMUNIKASI DALAM PENGUATAN IDENTITAS KOMUNITAS KREATIF TELEMATIKA KOTA MALANG

Saudah Dodot Sapto Adi

Abstract


Industri kreatif telematika menjadi tumpuan harapan dalam mempercepat peningkatan sosial ekonomi nasional, sebagaimana tertuang dalam Inpres RI Nomor: 6/2009, dan disusul Permenperin RI Nomor: 16/M-IND/PER/2/2011 tentang industri elektronika dan telematik, karena berpeluang mengatasi problematika ketenagakerjaan melalui gerakan technopreneurship. Studi etnografi mengenai keseimbangan komunikasi dalam penguatan identitas, telah dapat mengungkap keberadaan komunitas kreatif telematika di kota Malang untuk menunjukkan peran sentral dalam perubahan sosia 
Melalui tindakan relasi kelembagaan yang dikonstruksikannya, ternyata mampu melakukan rekayasa terintegratif, berproses menuju semakin menguatnya identitas sosio-kultural, dan mempertunjukkannya dengan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai medianya. Inilah urgensi dari hasil studi yang faktanya dapat diikuti melalui kehidupan sehari-hari insan kreatif sebagai representasi komunitas. Dengan menggunakan metode pendekatan subjektif-interpretif, melibatkan 9 informan kunci sebagai anggota komunitas kreatif yang memiliki relasi kuat dengan 3 industri telematika sudah berbadan usaha. Melalui studi yang telah dilaksanakan selama 2 tahun ini, telah memberikan 3 tawaran konsep pengembangannya antara lain: (1) penggiatan fasilitasi untuk meningkatkan kapasitas SDM; (2) memperkuat relasi dan komunikasi menuju jaringan komunitas yang adaptif; dan (3) akses permodalan dan produksi sebagai stimulan bagi kelembagaan komunitas.

Kata kunci: keseimbangan komunikasi, penguatan identitas, komunitas kreatif telematika

Full Text:

PDF

References


Adi, Dodot Sapto. 2017. Quadruple Helix Model In Inspiring The Development of Telematics Creative Industries-Community Base (The Study of Phenomenology On Industrial Startup In Malang. Proceeding International Conference: “Sustainable Development Goals On 2030 Challange and Its Solution”. ISBN: 978-979-3220-41-3. https://www.researchgate.net/publication/319242518. Accessed: August, 2, 2018 at 05.30 pm

JITC Malang. 2013-2017. Kliping Dokumen Komunitas: Media Cetak dan Online.

Littlejohn, Stephen W. and Foss, Karen A. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba-Humanika.

Pangestu, Mari Elka. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia Tahun 2025. Hasil Konvensi 4-8 Juni 2008. Departemen Perdagangan R.I: http://dgi.or.id/wp-content/uploads/2015/05/hasil-konvensi pengembangan-ekonomi-kreatif1.pdf. Diakses tanggal 16 Januari 2017 pukul: 12.34.

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.

Supanto, Fajar, dan Fristin, Yuntawati. 2017. Community-based Acceleration Model of Entrepreneurship Growth and Development on Telematics Creative Industries in Malang Raya Indonesia. JAES. Volume XII, Issue 7 (53), Winter (2017), ISSN-L 1843-6110, ISSN 2393-5162. https://www.researchgate.net/publication/323238293. Accessed: August, 2, 2018 at 05.08 pm.

Supanto, Fajar dan kawan-kawan. (2016-2017). Perencanaan Fasilitas Pendukung Unit Pelaksana Teknis Information Technology (UPT-IT) Provinsi Jawa Timur: (Laporan Akhir Hasil Penelitian). Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Susilo, Rachmad K.D. 2008. 20 Tokoh Sosiologi Modern. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saudah. 2017.. Personal Factors On The Behavior of Interactionist Traders In A Traditional Market Environment and Semi Modern (Ethnographic Study On The Tradisional Market In Malang Regency. Proceeding: Sustainable Development Goals On 2030. ISBN: 978-979-3220-41-3. https://www.researchgate.net/publication/324644858. Accessed: August, 2, 2018 at 05.25 pm.

Saudah dan Adi, Dodot Sapto. 2012. Konstruksi Tanggungjawab Sosial Untuk Peningkatan Komersialisasi Perusahaan. Jurnal Bisnis&Manajemen. Volume 1, Nomor 1, Juni 2012 ISSN:1829-7528. https://www.researchgate.net/publication/319902979. Diakses: 2 Agustus 2018 pukul: 17.18.

Norman K Denzin. 2009. Handbook Of Qualitative Research. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

George Ritzer. 2012. Handbook Teori Sosial. Bandung: Nusa Media.

Turner, Bryan S. 2012. Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern.Yogjakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1574

Copyright (c) 2018 MEDIAKOM



p ISSN: 2580-1899

e ISSN: 2656-5706