Pelatihan Implementasi Target Costing Pada SMK Al Hasan Panti Jember

Arik Susbiyani

Abstract


Kompetensi lulusan pendidikan dikembangkan dengan tujian untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri. Acuan yang digunakan  untuk merumuskan kompetensi lulusan dapat berupa   peraturan perundang-undangan, persyaratan yang ditentukan oleh pengguna lulusan,  dan persyaratan yang ditentukan oleh pengguna dunia kerja. Berdasarkan analisis situasi bahwa Lulusan  siswa SMK Al Hasan Panti Jember menghadapi persaingan yang semakin ketat dan dituntut untuk memiliki keterampilan untuk hidup mandiri.   Oleh karena itu, pelatihan  untuk meningkatkan kompetensi   siswa perlu dilaksanakan, yaitu  dalam bentuk pelatihan target costing dan implementasinya pada UMKM. Dampak dari kegiatan ini adalah 1) Meningkatkan pemahaman siswa tentang semakin ketatnya  lingkungan bisnis yang dihadapi oleh pelaku usaha. 2) meningkatkan pehamaman siswa tentang strategi untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat 3) Meningkatnya kemampuan dalam mengimplemetasikan target costing pada UMKM.


Keywords


target costing; UMKM; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Amin Widjaya Tunggal. 2001. Memahami Konsep Economic Value Added (EVA) dan Value Based Management (VBM). Harvarindo.

Bloom, B. S. ed. et al. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain. New York: David McKay.

Hansen, Don R., Mowen, Maryanne M., 2006, Management Accounting; Akuntansi Manajemen, buku 1, edisi ketujuh, Salemba Empat.

Kamar Hotel Dalam Meningkatkan Efisiensi dan Memaksimalkan laba. Skrispi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dan Perbankan Indonesia. Jakarta. agement (VBM). Harvarindo.

Supriyono. 2002. Akuntansi Manajemen, Proses Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: STIE YKPN.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i1.3289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats