Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa-Siswi SDN Karangsono 04 Melalui Kegiatan KKN Kelompok 15 Tematik Universitas Muhammadiyah di Desa Karangsono

Yuvita Dian Siswanti, Mohammad Iqbal Firmansyah, Suster Susilowati, Khatamalisa Kristanti

Abstract


PHBS merupakan singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yaitu sekumpulan perilaku yangdipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai upaya agar dirinya sehat dan aktif membantu kesehatanlingkungan di sekitarnya. PHBS pada usia dini sangat baik untuk mendidik dan menanamkankesadaran akan pentingnya kebersihan sebagai upaya menjaga kesehatan diri dan lingkungan.Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang PHBS kepada anaksekolah dalam hal ini siswa-siswi SDN Karangsono 04, sehinggapeserta didik dapat mempraktekkannya dalam kehidupansehari-hari. Metode pelaksanaan dilakukan dengan penyuluhan kepada peserta didik sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 22 perempuan dan 18 laki-laki. Penyuluhan PHBS pada anak sekolah berjalan lancar, semua peserta didik antusias mengikuti kegiatan penyuluhan ini.

Keywords


Penyuluhan; PHBS; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Afrina, Y., Salsabillaa, D. A., Frisiliaa, M., Baringbinga, E. P., & Prasida, D. W. (2024). PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN TALIAN KERENG. ABDIMAS KESOSI, 7(1).

Azhara, F. F., Firdaus, H., & Mastur, A. (2021). Sosialisasi Pola Hidup Sehat Melalui Kegiatan KKN-DR Sisdamas di Desa Mekarmukti. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 84(Desember).

Dinkes. (2022). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 (1st ed.). Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2022 (1st ed.). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mayasari, S., Mulya, A. D., Puspitasari, D. F., & Hotimah, S. (2024). Sosialisasi Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat SDN Candijati. 5(1), 1089–1094.]

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKN Tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i1.22718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuvita Dian Siswanti, Mohammad Iqbal Firmansyah, Suster Susilowati, Khatamalisa Kristanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957