Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar berbasis IT

Khoiriyah Khoiriyah, Kuni Hikmah Hidayati

Abstract


Mudahnya akses informasi di era digital ini seyogyanya dimanfaatkan dengan baik oleh guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman. Dengan memanfaatkan sumber informasi yang up-to-date, guru akan mampu berinovasi dan berkreasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Ini dapat terwujud, salah satunya, dengan bahan ajar berbasis IT. Untuk itu, kami menyadari perlunya pelatihan bagi guru-guru khususnya di sekolah-sekolah Anak Usia Dini tentang pemanfaatan IT dalam menyiapkan bahan ajar. Kegiatan ini diadakan secara luring. Hasil pelatihan menunjukkan para guru sangat bersemangat dalam menciptakan bahan ajar yang inovatif berbasis IT terbukti 90% peserta telah menyelesaikan luaran (e-comic & e-book) saat kegiatan pelatihan berakhir, 10% sisanya menyelesaikan kemudian. Dari pelatihan ini diketahui pula bahwa kemampuan IT yang dimiliki mayoritas peserta pelatihan cukup baik dan mampu membuat E-Comic dan E-Book dengan aplikasi Canva dan Bookcreator.com selama 2 hari pelatihan. Umpan balik dari peserta juga menunjukkan bahwa pelatihan semacam ini menumbuhkan semangat berkarya karena mereka yang awalnya “merasa” memiliki kemampuan IT rendah ternyata dapat menciptakan bahan ajar berbasis IT yang sesuai dengan kebutuhan siswa usia dini, salah satu contohnya e-comic

Keywords


Kemampuan IT; Pelatihan IT; PAUD; Bahan Ajar; Era Digital

Full Text:

PDF

References


Herlina (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Model Pem-belajaran Melalui Workshop di SD Negeri 009 Seberang Teluk Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (5), 812-819.

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Murti & Madya (2013). Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya pada Pembela-jaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Untuk Paket Keahlian Desain Interior”. Artikel Kurikulum 2013 SMK, Jakarta, 2013, 23.

Palvia, et al. (2018). Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications. Journal of Global Information Technology Management.

Purnama (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. 5(1). 493-502.

Sugiarto, S. (2022). Penguatan Growth Mindset Guru dalam Persiapan Implemen-tasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 1(2). 75-78.

Sulastri (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran Kepada Para Guru. Journal of Community Services in Humanities and Social Sci-ences. 1(2).

Trianto (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v5i1.22705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khoiriyah Khoiriyah, Kuni Hikmah Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

View My Stats

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957