Mendorong Literasi Lingkungan Berbasis Komunitas Sekolah Melalui Kegiatan Loka-karya Terpadu di SMA
Abstract
Literasi lingkungan merupakan salah satu literasi yang masih jarang disentuh oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan literasi lingkungan masih dianggap ke dalam low-politcs yang artinya kurang menjadi prioritas untuk dilakukan. Anggapan ini menjadi simplifikasi terhadap isu lingkungan yang terjadi saat ini. Perhatian terhadap alam dan lingkungan juga menjadi perhatian Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Jember. Berdasarkan alasan ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui lokakarya literasi lingkungan, konten digital, dan cek fakta kepada komunitas sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jember penting dilakukan. Lokakarya ini diberikan kepada 25 peserta perwakilan komunitas sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jember kelas X yang dilakukan di sekolah selama 6 jam yang terdiri dari teori, praktik, dan diskusi dengan materi literasi lingkungan yang telah ditentukan, kemudian dilanjutkan 3 hari supervisi pembuatan konten digital berupa poster, fotografi, maupun tulisan di media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan blog pribadi. Literasi lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian manusia terhadap lingkungan melalui sikap dan perilaku positif dalam berinteraksi dengan lingkungan. Program pengabdian kepada masyarakat ini sejalan dengan RENSTRA UM Jember periode 2020-2024 yaitu Pengembangan komunitas Smart Village termasuk komunitas sekolah yang mendukung aspek pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Hasil penilaian survey terhadap pelaksanaan kegiatan ini, seluruh peserta yang terdiri dari perwakilan komunitas siswa kelas X SMAM 3 Jember, menunjukkan kepuasan dan menganggap kegiatan Lokakarya Literasi Lingkungan penting dilakukan,dan pengetahuan siswa tentang Literasi Lingkungan bertambah luas serta merupakan kegiatan yang menarik bagi siswa. Untuk mendukung keberlanjutan Lokakarya Literasi lingkungan perlu adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan..
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Rosyid, LM; S Komarayanti, Marita, ON Falentianingrum. (2021). Local Tubers Diver-sity In Jember District As A Support Of Food Security During The Covid-19 Pan-demic. International Research Journal of Modernization in Engineering Technol-ogy and Science, 3(6): 71-81.
Anggraini, W. and Karyanto, P. (2019). School and Teachers ’ Role to Empowerment of Environmental Literacy in Prominent Middle School Based on Adiwiyata Pro-gram School and Teachers ’ Role to Empowerment of Environmental Literacy in Prominent Middle School Based on Adiwiyata Program
Dirgantara, P; Mahestu, G; Fadli, AK. (2021). Mendorong Literasi Lingkungan Berbasis Komunitas Melalui Lokakarya Terpadu di Jawa Barat. Charity Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2): 27-29.
Huang, H. (2016). Media use, environmental beliefs, self-efficacy, and pro-environmental behavior.
Khuluq, Rif’atul Chusnul; Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, Iskandar, Dwie Rahmatus Selfiati. (2022). Self Efficcacy Dan Literasi Lingkungan Siswa Sma Negeri 9 Ma-lang. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1): 24-2
Komarayanti, S; LM Al-Rosyid, MI Febriyanti, S Nafisa, YD Retnowati. (2022). The Diver-sity Of The People's Coffee In The Sekarkijang Area (Besuki And Lumajang) As A Source For Learning Biology Of High School. International Social Sciences and Humanities, 1 (2), 468-473.
N. C. Nash, L. E. Whitmarsh, S. Capstick, I. Chaudhary dan R. Manandhar, (2019). Fron-tiers in Sociology (4) 60, pp. 1-18
S.-Y. Liu, S.-C. Yeh, S.-W. Liang dan W.-T. Fang, (2015). A national investigation of teach-ers’ environmental literacy as a reference for promoting environmental education in Taiwan, The Journal of Environmental Education (46), pp. 114-132.
DOI: https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v4i1.20941
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Latifa Mirzatika Al-Rosyid, Zaenal Mahfud, Gahpria Laily Zamzam, Nira Virdarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia Phone & Fax: (0331)336728 | 337957