Pengaruh Label Halal, Harga dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett (Studi pada Masyarakat Eks Karesidenan Besuki)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh label halal, harga, dan strategi pemasaran menggunakan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian produk Scarlett. Scarlett adalah salah satu brand lokal kecantikan ternama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh label halal (X1), harga (X2), dan beauty vlogger (X3) terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada masyarakat eks Karesidenan Besuki. Sampel dalam penelitian ini adalah 349 responden yang merupakan masyarakat eks Karesidenan Besuki dengan ketentuan rentang usia 9-40 tahun dan telah melakukan pembelian produk Scarlett minimal 1 kali. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal (X1), harga (X2) dan beauty vlogger (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk Scarlett pada masyarakat Eks Karesidenan Besuki. Hal ini dapat menjadi masukan bagi produk-produk lainnya untuk memenuhi 3 (tiga) komponen tersebut agar dapat diterima oleh masyarakat sebagaimana produk Scarlet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, N., dan M. T. Lestari. 2021. Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA). 1(2): 117-126
Amalliah., dan R. Yunita. 2020. Media Vlog sebagai Strategi Komunikasi dalam Metode Pembelajaran di Kalangan Siswa dalam Menghadapi Pandemic Covid-19. Jurnal Akrab Juara. 5(3): 19-32
Ananda, A. F., dan H. Wandebori. 2016. The Impact Of Drugstore Makeup Product Review By Beauty vlogger On Youtube Towards Purchase Intention By Undergraduate Students In Indonesia. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. ISSN:2528-617X
Anggraeni, Z. 2017. Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Kosmetik Wardah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Anshori, M., dan S. Iswati. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press
Arifin, J. 2017. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Gramedia
Astuti, S. M. K., A. Lukitaningsih., dan L. T. H. Hutami. 2021. Analisis Pengaruh Celebrity Endorse, Beauty vlogger, Word of Mouth, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Emina (Studi pada Masyarakat Kota Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. 9(1): 53-62
Badan Pusat Statistik. 2020. Jumlah Penduduk Menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, dan Jenis Kelamin Provinsi Jawa Timur. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/85/175949/0 [Diakses pada 23 Januari 2022]
Bulan, T.P.L., K. Fazrin., dan M. Rizal. 2017. Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 6(2): 729-739
Compas. 2021. 10 Brand Skincare Lokal Terlaris. https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/ [Diakses pada 18 Januari 2022]
Darma, B. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Jakarta: Guepedia
David, E. R., M. Sondakh., dan S. Harilama. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-journal “Acta Diurna”. 6(1)
Diza, Farah., S. Moniharapon., dan I. W. J. Ogi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada PT. FIFGROUP Cabang Manado). Jurnal EMBA. 4(1): 109-119
Ensiklopedi Hadits-Kitab 9 Iman. HR. Muslim no. 1599
Fenny., dan R. Loisa. 2021. Pengaruh Endorsement oleh Beauty vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik. Prologia. 5(1): 94-100
Firmansyah, M.A 2018. Perilaku Konsumen (Sikan dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish
Hardiansyah., dan H. P. Manurung. 2020. Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie (Studi Pada pada Warga Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu). Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains. 1(2): 21-29
Hardisman. 2021. Analisis Data dan Statistik Dasar dengan Program GNU-PSPP. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani
Herawati, N., A. Hidayat., dan Suwarsito. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online). 2(5): 522-535
Herudiansyah, G., M. Candera., dan R. Pahlevi. 2019. Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk dan Pajak pada usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Terdebak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2): 84-89
Hidayat, A. A. 2021. Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing
Idris, F. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu di Toko Fajar Sport Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
IHATEC. 2021. Penjelasan Lengkap Apa aitu Label Halal. https://ihatec.com/label-halal/ [Diakses pada 31 Maret 2022]
Irrubai, M. L. 2015. Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi. Edisi xiii: 15-30
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kamus Versi Online / daring). https://kbbi.web.id/
Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur. 2014. Jumlah Penganut Agama Menurut Kabupaten/Kota Tahun 2014.
https://jatim.kemenag.go.id/file/file/Data2014/caux1413869522.pdf [Diakses pada 23 Januari 2022]
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. 2015. Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional 2015-2035. Juni. Jakarta: Pusat Komunikasi Publik
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. 2021. Tingkatkan Daya Saing IKM Kosmetik, Kemenperin Gencarkan Restrukturisasi Mesin dan Peralatan. https://kemenperin.go.id/artikel/22550/Tingkatkan-Daya-Saing-IKM-Kosmetik,-Kemenperin-Gencarkan-Restrukturisasi-Mesin-dan-Peralatan [Diakses pada 20 Juli 2022]
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.2018. Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20 [Diakses pada 20 Juli 2022]
Kholidah, N., dan Arifiyanto, M. 2020. Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal. PT. Nasya Expanding Management
Khumairo., N. Lukiana., dan K. T. Kasim. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api di Lumajang. Progress Conference. 1(1): 262-270
Kurniasari, I. 2017. Pengaruh Country Image dan Beauty vlogger Review terhadap Purchase Intention Konsumen Kosmetik Korea (Studi pada pada Althea.kr). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Lee, K. The Influence of Beauty-Related Youtube Content on Consumers’ Purchase Intention. Tesis. Knoxville: The University of Tennessee
Limbong, G. V. 2021. Pengaruh Beauty vlogger Terhadap Minat Beli Produk Emina (Studi Pada Konsumen Emina di Plaza Medan Fair. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara
LPPOM MUI. Nomor Sertifikat Halal Produk Scarlett. https://www.halalmui.org/mui14/searchproduk/search?kategori=nama_produk&katakunci=scarlett [Diakses pada 18 Janauari 2022]
Muslimah, S. 2012. Label Halal pada Produk Pangan Kemasan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen Muslim. Yustisia. 1(2): 86-97
Nuraini, 2018. Halalan Thayyiban Alternatif Qurani untuk Hidup Sehat. Al-Mu’ashirah. 15(1): 82-93
Prasetyo, B., dan L. M Jannah. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Depok: Rajawali Pers
Priadana, S., dan D. Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books
Purba, E et al. 2021. Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis
Purboyo., S. Hastutik., dan G. P. E. Kusuma. 2021. Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Prakata). Bandung: Media Sains Indonesia
Putri, A. A., dan A. R. Haninda. 2020. Pengaruh Beauty vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Program Studi Ilmu Komunikasi. 6(2):474-484
Rahayu, K.M. 2020. Info Halal: Mengapa Suatu Produk Penting Untuk di Sertifikasi Halal. Universitas Al Azhar Indonesia. https://wr4.uai.ac.id/mengapa-suatu-produk-penting-untuk-di-sertifikasi-halal/ [Diakses pada 31 Maret 2022]
Rahmasari, L. 2016. Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk di Chacha Milktea Jl. Gejayan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Riyanto, S., dan A. A Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish
Samosir, D. 2020. Pengaruh Daya Tarik Beauty vlogger Sebagai Celebrity Endorser dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Emina. Skripsi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN
Sari, D. M. 2019. Pengaruh Beauty vlogger dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo
Sari, L. N. 2020. Pengaruh Beauty vlogger dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) IAIN Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu
Sari, V. A., dan S. Suryoko. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Teh Botol Sosro (Studi pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 6(3): 453-464
Savica, D. 2020. Scarlett Whitening-Body Scrub, Shower Scrub, Body Lation, Body Care. https://dsavicah.blogspot.com/2020/11/scarlett-whitening.html [Diakses pada 18 Januari 2022]
Septiani, L.A. 2021. Bagaimana Konsumen Kosmetik Memerhatikan Beauty vlogger dan Pengaruhnya Terhadap Niat Beli. Jurnal Ilmu Manajemen. 9(2): 634:651
Setiadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: PrenadaMedia Group
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujalu, A. P., I. N. Latif., I. Bakrie., dan L. A. Milasari. 2021. Statistik Ekonomi 1. Yogyakarta: Zahir Publishing
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana
Sianipar, A. P. 2013. Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa (Studi penggunaan youtube di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Fisip Usu Medan dengan pendekatan uses dan gratification. Jurnal komunikasi FLOW. 2(3): 1-10
Simamora, et al. 2020. Kumlan Kata Motivasi dan Kata Bijak. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Sinaga, R.E., dan A. Kusumawati. 2018. Pengaruh Youtube Beauty vlogger terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis. 63(1): 187-196
Siregar, M. H., et al. 2021. Metodologi Penelitian Kesehatan. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Sucipto. Halal dan Haram Menurut Al-Ghazali dalam Kitab Mau’idhotul Mukminin. https://media.neliti.com/media/publications/178128-ID-none.pdf [Diakses pada 20 Januari 2022]
Sujarweni, V. W., dan L. R. Utami. 2019. The Master Book of SPSS: Pintar Mengolah Data Statistik untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Yogyakarta: Strat Up
Tarigan, M. 2017. 95% Persen Pria Peduli penampilan Kulit Mereka. https://gaya.tempo.co/read/1040154/95-persen-pria-peduli-penampilan-kulit-mereka [Diakses pada 13 Maret 2022]
Tokopedia Salam. Al-Quran dan Terjemahan.
https://www.tokopedia.com/s/quran [Diakses pada 13 Maret2022]
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.
https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/1615.pdf [Diakses pada 31 Maret 2022]
Valentin, I. 2021. Pengaruh Brand Image dan Beauty vlogger terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over di Media Sosial (Instagram dan Youtube). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen. 1(2): 169-179
Wajdi, F., dan D. Susanti. 2021. Kebijakan Hukum Produk Halal di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika
Wardani, N. L. D. A. 2020. Persepsi Kepercayaan Konsumen Memediasi Pengaruh Youtube Beauty vlogger Terhadap Niat Beli di Kota Denpasar. E-jurnal Manajemen. 9(12): 3681-3700
Warnadi., dan Triyono, A. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish
We Are Social and Hootsuite. Digital 2021: Indonesia. https://wearesocial.com/. [Diakses pada 31 Desember 2021]
Willy, W. 2018. Analisis Fashion Brand Terhadap Perilaku Konsumen Wanita Pengguna Sosial Media di Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 3(1): 128-137
Yazid. 2019. Halal dan Haram Sudah Jelas. https://almanhaj.or.id/12129-halal-dan-haram-sudah-jelas.html [Diakses pada 26 Juli 2022]
Yusuf, M., dan L. Daris. 2018. Analisis Data Penelitian: Teori dan Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: PT Penerbit IPB Press
Youtube Chanel Tasya Farasya. 2022. https://www.youtube.com/channel/UCJCSL8IJfD4d5nunRrmrT1Q [Diakses pada 13 Maret 2022]
Youtube Chanel Rachel Goddard. 2022. https://www.youtube.com/c/rachelgoddard [Diakses pada 13 Maret 2022]
Youtube Chanel Nanda Arsyinta. 2022. https://www.youtube.com/user/nandaarsyinta [Diakses pada 13 Maret 2022]
Youtube Chanel Suhay Salim. 2022. https://www.youtube.com/user/suhay12 [Diakses pada 13 Maret
Youtube Chanel Sari Endah Pratiwi. 2022. https://www.youtube.com/c/SariEndahPratiwi [Diakses pada 13 Maret 2022]
Zakiy, M. 2021. SPSS Penelitian Keperilakuan Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.32528/at.v4i2.8606
Copyright (c) 2023 At-Tasharruf "Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah"
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats