Fungsi Kognitif dan Kesediaan dilakukan Vaksinasi Covid-19 pada Lansia di Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu

Farida Hayati, Rahma Lutfi Denada, Diana Rachmania

Abstract


Latar Belakang dan Tujuan: Pada masa pandemi seperti ini kesediaan lansia dalam program vaksinasi perlu diperhatikan karena lansia sebagai kelompok prioritas dalam program vaksinasi Covid-19 dan fungsi kognitif lansia berkaitan dengan kemampuan pemahaman lansia tentang informasi baru terutama informasi tentang vaksin Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan fungsi kognitif dengan kesediaan dilakukan vaksinasi Covid-19 pada lansia. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 178 lansia di Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu Kediri. Tehnik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sampel 53 lansia. Pengambilan data menggunakan kuisioner dengan variabel independen fungsi kognitif dan variabel dependen kesediaan dilakukan vaksinasi Covid-19. Hasil: Berdasarkan uji statistik menggunakan chi square didapatkan hasil nilai p sebesar 0.0005 dan kurang dari 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan fungsi kognitif dengan kesediaan dilakukan vaksinasi Covid-19 pada lansia. Adanya hubungan pada penelitian ini disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu lansia masih aktif melakukan aktivitas, psikis yang baik, dukungan dari orang lain, terpaparnya infomasi dari media massa, dan sikap optimis pada lansia. Simpulan dan Implikasi: Pemeliharaan fungsi kognitif dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang disukai sebaiknya dilakukan oleh lansia untuk menstimulasi kerja otak sehingga kemunduran fungsi kognitif dapat tertunda. Selain itu peran pemerintah dalam melakukan penyuluhan terkait program pemerintah juga perlu untuk terus dilakukan, sehingga pemahaman lansia akan meningkat dan dapat berperan aktif dalam program pemerintah.

Keywords


Fungsi Kognitif; Kesediaan dilakukan Vaksinasi COVID-19; Lansia

Full Text:

PDF

References


Dyah, C., Wirakhmi, I. N., & Sumarni, T. (2021). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Lansia Tentang Upaya Pencegahan Covid-19 di Puskesmas Margadana Tegal. Prosiding, Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM) Purwokerto, 901–911. https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/964.

Hak, N. (2022). Hubungan Gangguan Fungsi Kognitif Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Panti Werdha Theodora Makassar. Universitas Hasanuddin.

Kediri, P. K. (2021). Vaksinasi Lansia Kota Kediri Capai 59,10 Persen, Wali Kota Kediri Apresiasi Sinergi Seluruh Pihak. https://www.kedirikota.go.id/p/berita/1019858/vaksinasi-lansia-kota-kediri-capai-5910-persen-wali-kota-kediri-apresiasi-sinergi-seluruh-pihak.

Koampa, M. M., Bidjuni, H., & Onibala, F. (2015). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengankemandirian Pada Orang Tualanjut Usia Di Desatombasian Atas Kecamatankawangkoan Barat. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Manurung, C. H., Karema, W., & Maja, J. (2016). Gambaran fungsi kognitif pada lansia di Desa Koka Kecamatan Tombulu. E-CliniC, 4(2).

Noor, C. A., & Merijanti, L. T. (2020). Hubungan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif pada lansia. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(1), 8–14.

Ramli, R., & Fadhillah, M. N. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Fungsi Kognitif pada Lansia. Window of Nursing Journal, 22–30.

Ratnawati, E. (2017). Asuhan Keperawatan Gerontik. Pustaka Baru Press.

Rusdiana. (2016). Pengembangan Organisasi Lembaga Pendidikan. Pustaka Setia.

Sari, F. (2018). Manajemen Pengambilan Keputusan. Deepublish.

Siti, N. . (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Gerontik. Pusdik SDM Kesehatan.

Tarigan, R. N., Harsono, T., & Yusriati, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Kognitif Dengan Sikap Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas Viii Smp Negeri 7 Binjai. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3), 348–354. https://doi.org/10.24114/jpp.v5i3.8869.

Tyas, R. N., & Triwahyudianto, T. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Bermigrasi Masyarakat madura Ke Kelurahan Buring Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang Tahun 2017. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 2(2).

Zahroh, C., Ekawati, L., Munjidah, A., Afridah, W., Noventi, I., & Winoto, P. M. P. (2020). Quality of Life Pada Lansia. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 6(2), 248–251.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v14i1.7193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats