Analisis Hubungan Perilaku Caring dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan

Rahmania Ambarika, Lingga Kusuma Wardani

Abstract


Rendahnya perilaku caring menjadi  salah satu  penyebab dari ketidakpuasan pasien di unit pelayanan kesehatan.Penelitian ini di lakukan di UPTD Puskesmas Poncokusumo Kabupaten Malang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan correlasional. Sample penelitian ini adalah 38 responden yang memenuhi criteria inklusi. Tehnik pengambilan sampling yang di gunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dengan quisioner selanjutnya data di analisa dengan menggunakan uji Statistik Spearman’s rho.Hasil penelitian sebagian besar responden menunjukkan bahwa Perilaku Caring adalah Baik yaitu sebanyak 27 responden ( 71,05 % ). Kepuasan menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan puas dengan pelayanan yang ada yaitu sebanyak 26 responden( 68,42 % ).Hasil analisa didapatkan terdapat hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan. Perilaku caring akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, perilaku caring yang baik akan menjadikan kepuasan pasien kearah positif, karena pasien memiliki kepercayaan yang tinggi dalam menilai pelayanan pusat kesehatan sehingga berdampak pada kunjungan ulang pasien, dan rasa percaya pada rumah pelayanan hesehatan.

Rendahnya perilaku caring menjadi  salah satu  penyebab dari ketidakpuasan pasien di unit pelayanan kesehatan.Penelitian ini di lakukan di UPTD Puskesmas Poncokusumo Kabupaten Malang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan correlasional. Sample penelitian ini adalah 38 responden yang memenuhi criteria inklusi. Tehnik pengambilan sampling yang di gunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dengan quisioner selanjutnya data di analisa dengan menggunakan uji Statistik Spearman’s rho dengan variable independent perilaku caring perawat dan variable dependent Kepuasan.[l1] 

Hasil penelitian di UPTD Puskesmas Poncokusumo Kabupaten Malang [l2] sebagian besar responden menunjukkan bahwa Perilaku Caring adalah Baik yaitu sebanyak 27 responden ( 71,05 % ). Kepuasan menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan puas dengan pelayanan yang ada yaitu sebanyak 26 responden( 68,42 % ).

Hasil analisa dari penelitian hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Poncokusumo Kabupaten Malang  di peroleh dari hasil Ujistatistik Spearman’s rho di dapatkan nilai signifikasi atau nilai p = 0,000. Karena nilai p < α ( 0,05 ), maka H0 ditolak artinya hipotesis penelitian di terima[l3] 

Perilaku caring akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, [l4] perilaku caring yang baik akan menjadikan kepuasan pasien kearah positif, karena pasien memiliki kepercayaan yang tinggi dalam menilai pelayanan pusat kesehatan sehingga berdampak pada kunjungan ulang pasien, dan rasa percaya pada rumah pelayanan hesehatan.

 

 [l1]Delete saja

 [l2]Delete saja

 [l3]Delete saja, mohon bisa diganti dengan bahasa penelitian bukan bahasa statistik, jadi tidak ada Ho ditolak, melainkan apa hasil dari bahasa statistik itu dijabarkan di sini

 [l4]Delete saja


Keywords


Perilaku, Caring, Kepuasan, Pasien

Full Text:

PDF

References


Agustin, I ( 2002 ). Tesis : Perilaku Caring Perawat dan hubungannya dengan Kepuasan Klien di Instalasi Rawat Inap Bedah Dewasa RS Dr. Muhammad Hoesin Palembang tahun 2002. Program Pasca Sarjana FIK. Universitas Indonesia

Asrini, Yuli ( 2012 ). Hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di instalsi rawat inap pavilion Garuda B RSUP dr Karyadi semarang

Chinn, P.L.( 2010 ). Anthologi on Caring. New York:national League for Nursing Press.

Hadi S ( 2019 ). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.10 No.1 (2019) 243-247

Izumi, S., Baggs, J.G., Knafi, K.A ( 2010 ). Quality Nursing Care for Hospitalized Patients With Advanced Illnes: Concept Development. Research in Nursing & Health, 2010.

Jones (2008). Perception of nurses caring behaviors by trauma patient. Journal of advance nursing vol 2 page 645 – 658

Juliani, Enni. ( 2009 ) Tesis : Hubungan Beban Kerja Perawat Pelaksana Dengan Pelaksanaan Perilaku CaringMenurut Persepsi Klien di Irna Lantai Jantung RS Husada Jakarta. Program Pasca Sarjana, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia.

Notoatmodjo. S. ( 2010 ). Metodologi penelitian kesehatan. Edisi revisi. Jakarta :Rineka Cipta.

Palese, et al. ( 2011 ). Surgical Patient Stisfaction as an Outcome of Nurses Caring Behaviors: a descriptive and Correlational study in six European Countries. Journal of Nursing Scholarship.

Pohan, Imbalo S ( 2007 ) Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan, EGC : Jakarta

Rahayu, ( 2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagain Bagiannya.Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Siagian, S. 2010. Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani. ( 2010 ). Hubungan faktor individu dan perilaku caring perawat di ruang rawat inap RSUD Kota Bandung. Tesis program Magister Ilmu Keperawatan FIK UI, , tidak dipublikasikan.

Watson, J.( 2007 ). Theory of Human Caring, Danish Clinical Nursing Journal. Available fromwww.uchsc.edu/nursing/caring

Wawan & Dewi. ( 2010 ). Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap dan. Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika

Wolf, Z.R, Miller, P.A, Devine, M ( 2010 ) Relathionship between nurse caring and patient satisfaction in patients undergoing invasive cardiac procedures.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.5273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats