Pengaruh Pemberian Parental Kit Activity Book Terhadap Kemampuan Adaptasi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pendahuluan: Pandemi Covid-19 memaksa anak-anak untuk mampu menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Anak-anak merupakan korban tersembunyi dari pandemi Covid-19 yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan anak-anak memiliki kualitas tidur yang buruk, peningkatan adanya mimpi buruk, nafsu makan menurun, kurangnya perhatian, dan masalah psikologis. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Parental Kit Activity Book terhadap kemampuan adaptasi anak pada masa Pandemi Covid-19. Metode: Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttes design pada siswa TK Nusa Indah Ambulu Jember. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling sebanyak 25 responden. Pemilihan responden telah mendapatkan persetujuan dari orangtua wali responden serta didampingi guru kelas. Hasil: Hasil uji paired t-test didapatkan nilai p value 0,000 < 0,05. Hasil penelitian di dapatkan peningkatan kemampuan adaptasi pada siswa dengan ditandai peningkatan mean hasil pre-test dan post-test, serta peningkatan aspek self-knowledge, self-acceptance, self-control, dan self-satisfaction dari cukup menjadi baik. Usia responden dan sifat buku edutainment membuat anak lebih mudah menerima informasi yang diberikan, sehingga kemampuan adaptasi meningkat. Kesimpulan: Parental Kit Activity Book mampu meningkatkan kemampuan adaptasi anak pada masa Pandemi Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Republik Indonesia.
Chen, X., Ran, L., Liu, Q., Hu, Q., Du, X., & Tan, X. (2020). Hand Hygiene , Mask-Wearing Behaviors and Its Associated Factors during the COVID-19 Epidemic : A Cross-Sectional Study among Primary School Students in Wuhan , China.
Dewi, R. R. S. (2020). Hubungan Antara Adaptasi Diri Dengan Self Acceptance Ibu Dalam Merawat Anak Stunting.
Eliza, S. (2019). Hubungan Kontrol Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Adhyaksa Kota Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9490%0A.
Gugus Tugas Kabupaten Jember. (2020). Data Covid-19.
Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur. (2020). JATIM TANGGAP COVID-19.
Haryadi, A. Y., Dewi, A. N., Pradana, D., Ricardo, J., Salsabilah, M., Syahputra, M. A., Faustina, P. A., Putri, N. E., Nadia, T., & Fiorentina, T. (2020). Upaya Edukasi Untuk Beradaptasi Pada Kebijakan New Normal Dan Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19 Melalui Kegiatan Seminar Online Education for New Normal Adaptation and Improving Body Immunity During Covid-19 Pandemic Through Online Semin. 4(2), 441–447.
Hikariza, A. J., & Sihombing, R. M. (2015). Activity Book Pengenalan Pemanfaatan Pekarangan Untuk Anak-anak. 1, 9.
Isnaini, I. D. (2019). PENGARUH FUN BOOK LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK. Buah Hati, 6(2).
Jiao, W. Y., Wang, L. N., Liu, J., Fang, S. F., Jiao, F. Y., Pettoello-Mantovani, M., & Somekh, E. (2020). Behavioral and Emotional Disorders in Children during the COVID-19 Epidemic. January.
Keliat, B. A., Marliana, T., Windarwati, H. D., Mubin, M. F., Sodikin, M. A., Kristianingsih, T., Prawiro, A., Trihadi, D., & Kembaren, L. (2020). Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial COVID-19 : Keperawatan Jiwa. Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia.
Kiki, F., Candrawati, E., & Putri, R. M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Journal Nursing News, XI(1), 31–37.
Kumalasari, F., Pengajar, S., & Psikologi, F. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan Latifah Nur Ahyani. 1(1).
Laforett, D. R., & Mendez, J. L. (2016). Play beliefs and responsive parenting among low- income mothers of preschoolers in the United States. 4430(June). https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1169180.
Mardani. (2015). Peran Studi Kemuhammadiyahan dalam Keberterimaan Ideologi Muhammadiyah Pada Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muratori, P., Maris, I. S., & Tirreno, V. (2020). Perspective article Children and the COVID-19 transition: Psychological reflections and suggestions on adapting to the emergency Pietro Muratori, Rebecca Ciacchini. 131–134.
Nisa, D. F. (2020). Sosialisasi Menuju Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Santri Pondok Pesantren Di Kabupaten Lumajang. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(9), 8.
Rosyanti, L., Devianti, R., Hadi, I., & Syahrianti, S. (2017). Hubungan antara Depresi dengan Sistem Neuroimun (Sitokin-HPA Aksis). Health Information : Jurnal Penelitian, 9(2), 35–52.
Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol 6th, 305–314.
Tatlow-golden, M., Farrelly, C. O., Booth, A., Rourke, C. O., & Doyle, O. (2015). ‘ Look , I have my ears open ’: Resilience and early school experiences among children in an economically deprived suburban area in Ireland. https://doi.org/10.1177/0143034315613777.
Titov, N., Staples, L., Kayrouz, R., Cross, S., Ryan, K., Dear, B., & Nielssen, O. (2020). Rapid report: Early demand, profiles and concerns of mental health users during the coronavirus (COVID-19) pandemic. Internet Interventions, 100327. https://doi.org/10.1016/j.invent.2020.100327.
World Health Organization. (2020). WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard.
DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.5024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats