Evaluasi Pelaksanaan Learning From Home (LFH): Blended Learning dengan Emotional Resilience dan Kemampuan Manajemen Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jember

Ayesie Natasa Zulka

Abstract


Mahasiswa keperawatan menghadapi perubahan adaptasi pembelajaran dari jenjang SMA ke perguruan tinggi, selain itu mahasiswa menjalani sistem pembelajaran jarak jauh dengan skema blended learning. Ketidakpastian akhir pandemi dan meningkatnya penggunaan pembelajaran online dapat berdampak negatif pada kesehatan mental siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dari rumah: blended learning dengan emotional resiliencedan kemampuan manajemen belajar mahasiswa. Desain penelitian menggunakan studi cross sectional dengan total sampling sebanyak 120 mahasiswa tahun pertama Program Studi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jember yang bersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pelaksanaan learning from home, kuesioner emotional resilience remaja, dan kuesioner kemampuan manajemen belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi Spearman. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan LFH dengan emotional resilience mahasiswa (0,004 <0,005) dengan kekuatan hubungan sangat lemah (r = 0,224). Faktor-faktor lain berkontribusi dalam kondisi emotional resilience dan kemampuan manajemen belajar mahasiswa. Kondisi emotional resilience mahasiswa perlu menjadi perhatian bagi institusi di masa pandemi dan pelaksanaan learning from home


Keywords


learning from home, blended learning, COVID 19, emotional resilience, Kemampuan Manajemen Belajar

Full Text:

PDF

References


Pembelajaran. Surakarta: UNS Press

Grant Ramsay. (2010). Teaching and Learning With Information and Communication Technology: Succes Through a Whole School

Desi Indrawati, A. et al. (2021) Analisis Faktor Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udyana.

Dogru, B. V., Utli, H. and Ayka, F. S. (2021) ‘Effect of therapeutic touch on daytime sleepiness, stress and fatigue among students of nursing and midwifery: A randomized sham--controlled trial ’, Complementary Therapies in Clinical Practice, 43, p. Available at: http://pdf.sciencedirectassets.com.unair.remotexs.co

Hurriyati, A. et al. (no date) Kreativitas Dan Ketahanan Emosional Pada Siswa Dengan Ekskul Membatik.

Lyons, Z. et al. (2020) ‘COVID-19 and the mental well-being of Australian medical students: impact, concerns and coping strategies used’, Australasian Psychiatry, pp. 1–5. doi: 10.1177/1039856220947945.

Mahardhika, A. (2020) 7 Penyebab Gangguan Kecemasan Mahasiswa di Tengah Pandemi Corona. Available at: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4980442/7-penyebab-gangguan-kecemasan-mahasiswa-di-tengah-pandemi-corona (Accessed: 22 June 2020).

Mardea, N. and Widayanti, A. W. (2020) ‘Stress level comparison between pharmacy students and non-pharmacy student in indonesia’, International Journal of Pharmaceutical Research.

Siswanto (2020) dampak pembelajaran online bagi mahasiswa - Google Search. Available at: https://www.google.com/search?safe= (Accessed: 18 June 2020).

Wang, C. and Zhao, H. (2020) ‘The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students’, Frontiers in Psychology, 11(May), pp. 1–8. doi: 10.3389/fpsyg.2020.01168.

Zhang, Q., Zhou, L. and Xia, J. (2020) ‘Impact of COVID-19 on emotional resilience and learning management of middle school students’, Medical Science Monitor, 26, pp. 1–8. doi: 10.12659/MSM.924994.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.5017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats