Edukasi Managemen Diabetes Berbasis Kelompok Sebaya sebagai Upaya Meningkatkan Kepatuhan Diet dan Perawatan Mandiri Penderita Diabetes Mellitus

Dhina Widayati

Abstract


Latar Belakang dan Tujuan: Kepatuhan penderita Diabetes Mellitus (DM) dalam manajemen Diabetes tidak terlepas dari faktor informasi dan teman sebaya. Edukasi yang diberikan oleh teman sebaya akan meningkatkan informasi dan pemahaman pasien tentang manajemen pengelolaan DM yang salah satunya berupa manajemen diet dan perawatan mandiri karena merasa saling merasakan hal yang sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi manajemen diabetes berbasis kelompok sebaya terhadap kepatuhan diet dan perawatan mandiri pada penderita DM. Metode: Pra eksperimen menjadi desain dalam penelitian ini dengan melibatkan 16 sampel yang diperoleh melalui purposive sampling. Data kepatuhan diet dan perawatan mandiri dianalisis melalui uji wilcoxon Sign Rank TestHasil: Diketahui p value 0,02 (kepatuhan diet), p value 0,01 (perawatan mandiril) pada α 0,005 yang berarti ada beda kepatuhan diet dan perawatan mandiri sebelum dan sesudah diberikan edukasi kelompok sebaya. Simpulan dan Implikasi: Edukasi berbasis kelompok sebaya dapat menigkatkan kepatuhan diet dan perawatan mandiri penderita DM karena edukasi yang diberikan oleh teman sebaya membuat seorang individu lebih dapat menerima dan percaya dengan pemikiran bahwa mereka merasakan hal yang sama. Metode ini dapat diterapkan sebagai salah satu pendekatan intervensi berbasis edukasi dalam  menigkatkan kepatuhan diet dan perawatan mandiri penderita DM baik dalam lingkup klinik maupun komunitas.


Keywords


Diet; Edukasi; Kelompok sebaya; Kepatuhan

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S.(2005). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Anggi, DS & Rahayu, S.(2010). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien DM Tipe2. Jurnal Ilmiah Keperawatan STIKES Hang Tuah Surabaya, Vol.15, No. 1, 124-138

Arini, ED.,Murti, HI.,Signa, AG. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Diet Pada Pasien DM Tipe 2 di Kec. Sumbang Banyumas. Journal Of Bionursing, Vol.2 No. 1, 63-67

Dewi, T., Amir, A., Sabir, M.(2018).Kepatuhan Diet Pasien DM Berdasarkan Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga Di Wilayah Puskesmas Sudiang Raya. Media Gizi Pangan, Vol. 25, No. 1,55-63

Endra, C.E, Yuanita., Antari, I.(2019).Perawatan Diri (Self Care) Pada Pasien DM Tipe2. Jurnal Kesehatan Madani Medika, Vol. 10, No. 2, 85-91.

Erningwati, A.E.(2015). Dukungan Sosial & Perilaku Perawatan Diri Penyandang DM Tipe 2. Jurnal Info Kesehatan, Vol.14, No.2, 952-966

Friedman, M.M., Bowden, V.R., & Jones, E.G. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga: Riset, teori, & praktik (Achir Yani, Agus Sutarna, Nike Budhi Subekti, Devi Yulianti, Novayanti Herdina, Penerjemah). Jakarta: EGC

Greco, P., Pendley, J.S., McDonell, K., Reeves, G., (2001). A Peer Group Intervention for Adolescents With Type 1 Diabetes and Their Best Friends, Journal of Pediatric Psychology. Vol.26, No.8, 485-490.

Heisler, M., (2007). Overview of Peer Support Models to Improve Diabetes Self Management and Clinical Outcomes, Diabetes Spectrum, Vol. 20, No.4, 214-220.

Ilkafah, 2011. Thesis: Pengaruh Peer Group Support Terhadap Self Efficacy Kontol Gula Darah dan Self Care Activities pada Penderita Diabetes Mellitus Di Puskesmas Mantup Kabupaten Lamongan. Surabaya: Fakultas Keperawatan UNAIR.

Isnaini, N&Helmi, A.S.M, .(2017).Pengetahuan dan Motivasi Menigkatkan Kepatuhan diet Penderita DM Tipe2. Mediasains:Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, Vol. 15, No. 3, 136-141

Misnadiarly. (2006). Diabetes Mellitus: Gangren, Ulcer, Infeksi. Mengenal Gejala,Menanggulangi, dan Mencegah Komplikasi. Jakarta: Pustaka Populer Obor

Notoatmojo,S.(2007). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rhineka Cipta.

Niven, N., (2005). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Paskalini, R.V., Mario, E.K., Malara, R. (2017). Hubungan Dukungan Sosial dan Motivasi Dengan Perawatan Mandiri Pada Pasien DM di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Mokopido. E-Journal Keperawatan, Vol. 5, No. 1, 1-10

Sidani, S.& Fan, L.(2009).Effectiveness of Diabetes Self-management Education Intervention Elements: A Meta-analysis. Canadian Journal of Diabetes,Vol. 33, No. 1, 18-26.

Smet. (2004). Psikologi kesehatan. Jakarta: PT. Grasindo

Smith, S. M., Paul, G., Kelly, A., Whitford, D. L., O’Shea, E., & O’Dowd, T. (2011). Peer Support for Patients with Type 2 Diabetes: Cluster Randomised Controlled Trial. British Medical Journal (BMJ) Vol.342. No.71

Soewondo.P.(2011). Prevalence, Cahracteristic, and Predictors of Prediabetes in Indonesia. Medical Journal. Indonesia, Vol.2, No. 20, 283-294

Sugiharto., Mudaliya, E., Riskiana, M., Bagus, P.B.(2020). Peningkatan Ketrampilan Perawatan Mandiri Mellaui Diabetes Class Pada Pasien DM Tipe 2 Peseta Prolanis di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungwani. The 11 th University Research Collogium.Univ. Aisyiyah Yogyakarta, 146-149.

Sutandi, Aan.(2012).Self Management Education (DSME) Sebagai Metode Alternatif dalam Perawatan Mandiri Pasien DM di Keluarga. Widya Kesehatan, Vol. 29, No.323, 54-49

Steinsbekk et al. (2012), “Group Based Diabetes Self- Management Education Compared to Routine Treatment for People with Type 2 Diabetes Mellitus. A Systematic Review with Metaanalysis”.

Tjokroprawiro, A., (2007). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam I Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga RSU Dr. Soetomo Surabaya. Airlangga University press.

Tjokroprawiro, A., (2011). Hidup Sehat dan Bahagia Bersama Diabetes: Panduan Lengkap Pola Makan untuk Penderita Diabetes. Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Utama.

Tripathy, B. B. (2008). Textbook of Diabetes Mellitus. Volume I. Jaypee Brothers Medical Publisher

Widayati,D & Afrian,N.N.(2020) Kreasiki Gymnastic in Reducing The Stress Level of DM. Jurnal Info Kesehatana, Vol.18, No. 1, 18-27.

Widayati,D & Siswoaribowo, A.(2014).Peningkatam Self Care Activities Penderita DM Tipe 2 Melalui Inovation Intervention Berbasis Teori Self Care. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol., No.6, 351-356




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v12i2.4870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats