Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar

Ikeu Nurhidayah, Lisfa Asifah, Udin Rosidin

Abstract


Kebiasaan siswa berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah sangat penting dilaksanakan. PHBS sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dilakukan siswa untuk terwujudnya sekolah sehat. Pengetahuan dan sikap merupakan hal yang sangat penting sebagai faktor predisposisi pelaksanaan PHBS, selain faktor penunjang dan pendukung yang sudah tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran pengetahuan, sikap dan perilaku PHBS siswa sekolah dasar. Rancangan penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, variabel pengetahuan dan sikap diambil secara crossectional, sedangkan untuk variabel perilaku diambil secara retrospective. Responden penelitian ini siswa kelas V dan VI. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu 87 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan univariat dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa memiliki pengetahuan baik dan sebagian kecil siswa pengetahuannya cukup. Sebagian besar siswa memiliki sikap negatif dan hampir setengahnya memiliki sikap positif. Kemudian hampir seluruh siswa berperilaku kurang baik dan sebagian kecil berperilaku baik. Rendahnya perilaku PHBS tersebut dimungkinkan karena pembinaan yang kurang maksimal dan program usaha kesehatan sekolah (UKS) yang tidak berjalan dengan baik. Upaya meningkatkan PHBS pada siswa SD perlu dilakukan pembinaan secara berkala dengan meningkatkan program UKS melalui penyuluhan, motivasi dalam pelaksanaan PHBS di sekolah.

 

Kata Kunci : Anak Sekolah, Pengetahuan, PHBS Sekolah, Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keywords


Anak Sekolah; PHBS Sekolah; Pengetahuan; Sikap

Full Text:

PDF

References


Aeni, Q., Beniarti, F., & Warsito, B. E. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Pemutaran Video Tentang PHBS Cuci Tangan Terhadap Pengetahuan dan Sikap. Jurnal Keperawatan, 7(2), 1–5.

Aqida, A. N. (2017). Pengaruh pelatihan siswa pemantauan jentik terhadap pengetahuan, sikap, dan ketrampilannya di Sekolah Dasar Kecamatan Pamulang Tahun 2017. Fkik Uin Jakarta.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia, Teori, dan Pengukurannya (Vol. 18). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Chadijah, S., Sumolang, P. P. F., & Veridiana, N. N. (2014). Hubungan pengetahuan, perilaku, dan sanitasi lingkungan dengan angka kecacingan pada anak sekolah dasar di Kota Palu. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 24(1), 50–56.

Dewi, A. P. (2010). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sd Negeri 001 Sail Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 1(1), 81–89.

Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2013). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Pubs) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 8(1), 46–51.

Indriyawati, N., & Hartono, R. (2016). Efektifitas Pencegahan Demam Berdarah Dengue (Dbd) Dengan Pemanfaatan Limbah Untuk Ovitrap (Perangkap Nyamuk) Di Sekolah Dasar Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 8(4).

Ispriantari, A. (2017). Pengaruh Metode Course Review Horay Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 5(1), 1–5.

Kemenkes, R. I. (2011). Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kody, M. M., & Landi, M. (2016). Kebiasaan Mencuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sekolah Dasar Negeri Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Kesehatan Primer, 1(1), 47–55.

Lina, H. P. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes, 4(1), 92–103.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan, Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.

Raksanagara, A., & Raksanagara, A. (2016). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan Yang Penting Pada Tatanan Rumah Tangga Di Kota Bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(1), 30–34.

Safriana. (2012). Perilaku memilih jajanan pada siswa sekolah dasar di SDN Garot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. FKM UI.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer Behavior. Global Edition. Pearson Higher Education, London, 12(2), 113–120.

Sembiring, R. N. S. (2015). Efektifitas Metode Diskusi dan Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMPN 10 Kota Pematangsiantar Tahun 2015.

Suhri, M., Sudaryanto, A., Ns, M. K., & Sulastri, Sk. (2014). Gambaran Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar Negeri Di Desa Gonilan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. (2013). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah tentang hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negeri wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4, 99–106.

Suryanegara, W., & Juanita, H. (2017). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 08 Pagi Duren Sawit Tahun 2017.

Suryani, L. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa/I Sekolah Dasar Negeri 37 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Stikes Payung Negeri Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.4864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats