Pengaruh Paket Edukasi HbsAg terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Trisemester 1 tentang HbsAg

Nailah Islahiyah, Kholisotin Kholisotin, Yuana Dwi Agustin

Abstract


Latar Belakang dan Tujuan: Kejadian infeksi virus hepatitis B pada ibu hamil menjadi perhatian khusus, karena selain dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ibu, juga dapat menularkan pada bayi yang dikandungnya, terutama pada proses kelahiran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh paket edukasi HbsAg terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester 1 tentang HbsAg. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre eksperimen dengan pendekatan One Group Pretes-Posttest, dengan menggunakan kuesioner, sampel pada penelitian sebanyak 35 responden dengan menggunakan tekhnik total samplingHasil: Mayoritas responden berusia 17-25 tahun sejumlah 19 responden (54,29%), sebagian besar ibu primipara sejumlah 23 responden (65,71%), tingkat pendidikan ibu sebagian besar SMP sebanyak 14 responden (40%), dan sebagian besar sebagai ibu rumah tangga sejumlah 21 responden (60%), tingkat pengetahuan ibu tentang HbsAg sebelum diberikan intervensi mayoritas kurang sejumlah 18 responden (51,43%), tingkat pengetahuan setelah intervensi mengalami peningkatan yaitu mayoritas pengetahuan baik sebanyak 24 responden (68,57%), sikap ibu sebelum intervensi mayoritas negatif sebanyak 21 responden (60%), sikap setelah intervensi mengalami peningkatan menjadi positif sejumlah 32 repsonden (91,43%). Hasil uji Wilcoxone diketahui p value 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan pengetahuan dan sikap ibu hamil Trimester 1 tentang HBsAg sebelum dan setelah intervensi. Simpulan dan Implikasi: Paket edukasi HbsAg dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester 1 tentang HbsAg. Dengan demikian maka paket edukasi ini dapat digunakan oleh petugas kesehatan sebagai salah satu bentuk intervensi dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu hamil agar memahami pentingnya HbsAg.


Keywords


Edukasi pada ibu hamil; HbsAg; Pengetahuan; Sikap

Full Text:

PDF

References


Abdul Gani Soulissa (2014) ‘Hubungan kehamilan dan penyaki periodontal’, dalam jurnal PDGI, 3.

Bidang P2 (2018) ‘Rekap Ibu Hamil dengan Pemeriksaan HbsAg Positif’, Dikes Bondowoso.

Bobak, I.M.,&Lowdermilk, D. L. (2005) Buku Ajar Keperawata Maternitas Edisi 4. Jakarta: EGC.

DepKes RI (2017) ‘Profil Kesehatan Indonesia 2017’, Badan Penerbit Dinas Kesehatan Indonesia.

Dr. J.B Suharjo B Cahyono (2010) Cegah Kanker Hati. Jogyakarta: Kanisius.

Kholisotin (2017) ‘Efektifitas Pake Edukasi Preeklampsia Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Ibu Hamil yang Beresiko Mengalami Preeklampsia diKabupaten Situbondo’, Jurnal Keperawatan.

Kusmiyati, Yuni, dkk. (2009) Perawatan Ibu Hamil. Jogyakarta: Fitramaya.

Mesfa Juniny (2016) Hepatitis b dalam Naskah Publikasi, Kejadian Infeksi Hepatitis B pada Anak Yang dilahirkan Oleh Ibu dengan Positif HbsAg. Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas GadjahMada, Yogyakarta.

Middlebrook, P. N. (2010) Social Psychology and Modern Life. New York: Alfred A.Knopf Inc.

Mubarak, W. I. (2011) Ilmu Keperawatan Komunitas 2. Teori dan Aplikasi dalam Praktik dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan Komunitas, Gerontik dan Keluarga. Jakarta: Sagung Seto.

Notoatmodjo, S. (2012a) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012b) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Radji Maksum dalam Hernando dkk (2018) ‘Kesehatan Pemeriksaan Hepatitis B surface Antigen (HbsAg) dan Anti Hbs Pada Ibu Hamil’, Jurnal Riset, 1, pp. 80–84.

Sanityoso A, C. G. (2014) Ilmu Penyakit Dalam (Hepatitis Viral Akut) Jilid II Edisi VI. Jakarta: Interna Publishing.

Sofie, N., Wilopo, S.A.. & Ismail. D. (2004) ‘Hubungan Perilaku ibu dalam Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Selama Kehamilan dengan Kepatuhan Ibu hamil dalam pemeriksaan BhsAg’, Berita Kedokteran Masyarakat XX, pp. 97–103.

Tirtarahardja. (2015) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan, Sikap Tentang pemeriksaan HBsAg Pada Ibu Hamil (di Puskesmas Campurejo, KotaKediri). Universitas Surakarta.

WHO (2010) ‘Behavioral Factors in Immunization for Pregnancy’, Geneva.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v12i1.4858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats