Analisis Perilaku Aman pada Pekerja Penambangan Batu Piring dengan Pendekatan Behavior – Based Safety (BBS)

Dwi Yunita Haryanti

Abstract


Latar Belakang dan Tujuan: Penambangan batu piring menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat jember dengan skala ekspor. Batu ini dikirim dalam bentuk batu piringan yang digunakan untuk dinding, pagar dan asesoris rumah lainnya. Aktivitas penambangan batu piring ini menyebabkan pekerja terpapar oleh bahaya dan risiko yang mungkin muncul sebagai akibat dari perilaku dan kondisi tidak aman. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perilaku aman pada pekerja penambangan batu piring dengan  pendekatan Behavior Based Safety (BBC) menggunakan model Activator Behavior dan Consequences (ABC). Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan rancang bangun cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja yang berada di penambangan batu piring. Metode sampling yang dipakai adalah purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 32,2% pekerja memiliki safety behavior yang baik, 51,7% cukup baik dan 16,1% kurang baik. Terdapat 5 orang pekerja yang pernah mendapatkan positive reinforcement dan 2 orang pekerja yang pernah mendapatkan punishment. Simpulan dan Implikasi: Diperlukannya pembentukan program keselamatan dan kesehatan kerja oleh pihak manajemen, membuat jadwal pelatihan berkaitan dengan proses kegiatan penambangan, mensosialisasikan sumber bahaya dan penanggulangannnya serta meningkatkan kesadaran terkait pentingnya program K3 dalam kelangsungan aktivitas penambangan batu piring.


Keywords


BBS; Behavior based safety; Penambangan batu piring; Perilaku aman pekerja

Full Text:

PDF

References


Affidah, A. N., & Sari, V. D. (2016). Pengaruh Motivasi dan Tindakan Tidak Aman terhadap Kecelakaan Kerja pada Karyawan Bagian Produksi dalam Masa Giling Shift . Jurnal Wiyata, 106-112.

Cooper. (2001). Improving Safety Culture: A Practical Guide, Aplied Behavioral Science. UK.

Geller, S.E. (2001). The Phychology 07 Safety Handbook. Boca Raton. Lewis Publisher.

Guo, Shengyu., He, Jiali., Li, Jichao., Tang, Bing., (2020). Exploring the Impact of Unsafe Behaviors on Building Contruction Accidents Using Bayesian Network. International Journal of Environmental Research and Public Health.

Irlianti,A., Dwiyanti, E. (2013). Analisis perilaku aman tenaga kerja menggunakan model perilaku ABC (Antecedent Behaviour Consequence). The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, Vol. 3, No. 1 Jan-Jun 2014:94-106

Jiyang, Y. (2013). A Stone Miner with Both Silicosis and Constructive Pericarditis: Case Report and Review of the Literature. Biomed Central Pulmonary Medicine.

Kerinci, N. A., Lubis, N. L., & Lubis, A. M. (2015). HUBUNGAN PERSEPSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA. Ecopsy Vol 1.

Notoatmodjo. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Noviastuti, T. K., Ekawati, & Kurniawan, B. (2018). Analisis Upaya Penerapan Manajemen K3 dalam Mencegah Kecelakaan Kerja di Proyek Pembangunan Fasilitas Penunjnag Bandara. Jurnal Kesehatan Masyarakat UNDIP, 648-653.

Suma’mur. (2009). Hygiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: Sagung Seto.

Sirait, F. A., & Paskarini, I. (2016). Analisis Perilaku Aman Pada Pekerja Konstruksi Dengan Pendekatan Behavior Based Safety. The Indonesian Journal of The Occupational Safety and Health, 91-100.

Uzuntarla, Yasin. (2020). An Analysis on The Relationship Between Safety Awareness and Safety Behavior of Healthcare Professionals. Journal of Occupational Health.Vol. 62. Issue 1.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v12i1.4854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats